Awas Terjebak Janda Bolong!

Tanaman hias Janda Bolong

TERJEBAK JANDA BOLONG? Jangan asal ikut trend dan mau membayar mahal karena asal beli janda bolong.

Belakangan ini tanaman hias Janda Bolong membuat geger publik. Tanaman yang sekilas biasa saja ini ternyata harganya bikin dompet terkuras banyak. Konon harganya sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Harga tanaman hias yang melambung ini mengingatkan ke era pertengahan 2006, dengan munculnya tananan hias sang bunga ekor Anthurium yang harganya saat itu sangat “gila-gilaan”. Banyak yang membeli dengan harga sangat tinggi, namun belakangan menjadi ‘biasa’.

Janda Bolong memiliki nama ilmiah Monstera Adansonii Variegata, merupakan tanaman hias yang unik. Pada daunnya terdapat lubang atau bolong-bolong yang lumayan besar. Lobang alami dari ‘sononya’. Ini yang membuat istimewa dan salah satu alasan dihargai mahal.

Eits… Tapi jangan asal bolong ya. Jangan terjebak dengan Janda Bolong, tak semua jenis tananan ini berharga mahal. Yang harganya mahal biasanya Janda Bolong yang sudah mengalami mutasi genetik secara alami.

Pada jenis janda bolong ini, daun mengalami perubahan warna hasil mutasi yang menghasilkan perpaduan antara warna hijau dan putih. Bukan janda bolong dengan warna tunggal hijau.

Janda bolong biasa

Sudahkah anda mengoleksi janda bolong?

(Iman Nurtjahjo/pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.