Perumusan Pancasila Libatkan Ulama, Jamin Terjaganya Kerukunan Beragama

Perumusan Pancasila libatkan ulama, jamin terjaganya kerukunan beragama, kata Siti Mukaromah anggota DPR RI

BANYUMAS, banyumasnews.com – Pancasila dirumuskan dengan melibatkan para ulama. Dalam sila pertama menunjukan kebebasan dalam beragama sehingga memiliki nilai toleransi. Karena sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, jelas-jelas menjamin warga untuk beragama menurut kepercayaan masing-masing.

“Karena itu menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan dalam beragama sudah final bagi kita,” ujar anggota MPR RI Siti Mukaromah saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diikuti tokoh masyarakat dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Kabupaten Banyumas di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jumat (27/11).

Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa ini mengajak warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, memberikan arah agar dalam kehidupan bernegara yang memiliki beberapa agama dapat memiliki toleransi yang kuat,” kata Siti Mukoromah yang akrab disapa Erma ini.

Selain toleransi beragama, dia juga menyoroti masalah musyawarah seperti yang tertuang dalam sila keempat dalam Pancasila, yakni Permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan musyawarah menjadi keharusan dalam membuat berbagai keputusan.

“Posisi anggota DPR merupakan perwakilan masyarakat untuk bermusyawarah dalam menentukan berbagai arah kebijakan pembangunan pemerintah dari tingkat kabupaten sampai dengan pusat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Erma menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta sosialisasi karena telah mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama kegiatan.

Erma tidak ingin setelah forum ini terjadi klaster baru. Untuk itu, selama acara ini peserta harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Warga juga diminta turut andil dalam menyosialisasikannya kepada masyarakat luas agar bisa mencegah penyebaran Covid-19. (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.