PPG FKIP UMP Terus Dipercaya sebagai Tempat Uji Kompetensi

p

PPG FKIP UMP Terus Dipercaya

PURWOKERTO, banyumasnews.com — Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah, terus mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud.

Ketua Prodi PPG FKIP UMP Wildan Nurul Fajar mengatakan pemilihan UMP sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dinilai tepat karena CBT UMP memiliki prestasi sebagai CBT dengan pengelolaan terbaik se Indonesia.

“UMP memiliki tiga ruang CBT, dengan kapasitas masing-masing ruang yaitu 60 perangkat. Namun karena dilaksannakan pada masa pandemi, maka hanya separuh atau sekitar 30 perangkat saja yang digunakan sesuai dengan protokol covid 19,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) tahun ini sangat istimewa karena dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19, sehingga banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, seperti pengecekan suhu tubuh menggunakan thermoGun saat sebelum memasuki ruangan, pengecekan identitas, dan peserta wajib membawa hasil rapid tes yang menunjukkan hasil nonreaktif.

“Peserta juga diminta menggunakan masker dan sarung tangan latex yang disiapkan oleh panitia UP,” jelasnya.

Dijelaskan, pelaksanaan UP UKMPPG di LPTK UMP dilaksanakan selama 2 hari mulai sabtu, 21 November 2020 dan Minggu 22 November 2020. “UP dilaksanakan sebanyak empat sesi, dengan pembagian waktu sesi pertama dan kedua dilaksanakan pada hari sabtu, sedangkan sesi ketiga dan keempat dilaksanakan pada hari minggu,” tuturnya.

Jumlah peserta yang mengikuti UP UKMPPG di LPTK UM Purwokerto sebanyak 292 peserta dari berbagai daerah, seperti Tegal, Pemalang, Kebumen, Cilacap, dan lainnya.

“Adapun peserta yang mengikuti UP UMKPPG ini juga bukan merupakan mahasiswa yang mengikuti PPG di LPTK UM Purwokerto, melainkan dari berbagai LPTK lain yang menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan,” jelasnya.

Rektor UMP sekaligus Pengarah PPG Dr Anjar Nugroho berpesan selalu tetap jaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol covid-19 SKB 4 Menteri.

Sementara itu, Penanggungjawab Pelaksanaan UP Drs Eko Suroso MPd. menuturkan panitia harus bekerja maksimal untuk mensukseskan pelaksanaan UP dan harus teliti dalam pengecekan identitas dan hasil rapid tes peserta.

Pelaksanaan UP dihadiri oleh Penyelia Dr. Farida Nugrahani MHum dari Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, GTK Alex Arifiansyah dan Frendy Wijayanto dan Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dr Praptono Med, Dirjen GTK, Dr Praptono Med.

Dirjen GTK, Dr Praptono Med memberikan apresiasi atas pelaksanaan UP di UMP yang luar biasa. “Dengan fasilitas yang mumpuni dan perangkat yang canggih,” jelasnya.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan. Praptono menambahkan, pelaksanaan UP di LPTK UM Purwokerto sudah berjalan dengan baik sesuai dengan protokol covid dari SKB 4 Menteri. (dan/tgr/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.