PKK Sokaraja Kulon Maju Lomba Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Propinsi

PKK Sokarajakulon Maju Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Propinsi

BANYUMAS, banyumasnews.com — Tim Penggerak PKK Desa Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas mendapat kunjungan Tim Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Jawa Tengah, Senin (23/11/2020). Tim diterima Bupati Banyumas Achmad Husein beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein di balai desa setempat, dilanjutkan kunjungan lapangan di Kampung KB Puspa Indah RW 05.

Desa binaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banyumas ini bahkan sudah masuk 6 besar.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutan penerimaan mengatakan bangga karena dengan masuk 6 besar propinsi, menunjukkan kesungguhan Kabupaten Banyumas dalam memberdayakan dan melibatkan peran PKK dalam program Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan kesehatan. Dirinya berharap lomba ini dapat menjadi pemacu untuk lebih meningkatkan peran gerakan PKK dalam turut serta dalam kegiatan pembangunan.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pendorong dan semangat bagi kita semua untuk terus menggerakkan partisipasi masyarakat menuju kehidupan yang berkualitas dan sejahtera,” kata Bupati.

Bupati juga berharap evaluasi kali ini dapat melihat segala keunggulan dan sisi terbaik dari upaya Kabupaten Banyumas dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat. “Jika menang akan menjadi contoh yang lain, seandainya belum menang tentu akan menjadi pembelajaran untuk bekerja lebih baik lagi” kata Bupati Husein

Sementara itu Kabid KB dan Advokasi KIE Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah selaku Ketua Tim, Yuli Arsianto mengatakan tujuan verifikasi Inovasi ini yaitu untuk memastikan bahwa inovasi yang disampaikan oleh Kabupaten Banyumas sebelumnya benar-benar dilakukan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Banyumas khususnya anggota PKK.

Hasil dari verifikasi lapangan ini nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan untuk diikutsertakan dalam inovasi terbaik Nasional. Menurutnya penilaian tahun ini sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya mengingat pandemic yang sedang berlangsung, dimana tahun lalu penilaian yang dilakukan dapat melibatkan komponen masyarakat dan lebih dapat mendalami kegiatan dan inovasi yang dilakukan.

“Hari ini penilaian terakhir, semoga kami mendapatkan inovasi dan hal-hal baik yang bisa meyakinkan Kabupaten Banyumas menjadi yang terbaik. Maski sebenarnya sudah masuk juara. Seperti pesan Pak Bupati yang terpenting hasil penilaian hari ini, berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein mengatakan bangga dengan PKK Sokaraja Kulon yang masuk 6 besar untuk PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. Ia juga memaparkan berbagai kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas dan berbagai inovasi yang telah dilakukan.

“Kalo di Jawa Tengan ada “Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng” di Banyumas ada “Jider Jiteng” siji kader pantau siji wong meteng,” kata Erna.

Ia juga menambahkan, masuknya Kabupaten Banyumas ke dalam nominasi tidak lepas dari kerjasama dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam lomba kesatuan gerak PKK. (Nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.