331 Ranting PKB se-Banyumas Ikuti Pendidikan Politik

331 Ranting Ikuti Pendidikan Politik DPC PKB Banyumas

BANYUMAS, banyumasnews.com – Sebanyak 331 ranting Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari 27 Kecamatan di Kabupaten Banyumas mengikuti Pendidikan Politik dan Restrukturisasi Ranting yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Banyumas dengan fasilitasi Program Dana Bantuan Politik. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 11 Oktober dan berakhir 1 November 2020 dengan bergilir di setiap kecamatan.

Acara dihadiri oleh jajaran DPC PKB Banyumas, yaitu Ketua Dewan Syuro DPC PKB Banyumas KH Muhlasin, Ketua DPC PKB Banyumas Siti Mukaromah dan Sekretaris DPC PKB Banyumas Danan Setianto.

“Pendidikan politik bertujuan untuk mentransformasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan perjuangan partai politik kepada pemilih. Disamping itu, kegiatan tersebut juga menyampaikan peran dan fungsi serta hak dan kewajibannya sebagai warga negara,” ujarnya.

Menurut Danan, pemahaman masyarakat terkait politik, hingga saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa sistem politik itu bukan urusan mereka melainkan urusan pemerintah. Sehingga masyarakat masih ada yang dibodoh-bodohi atau diberikan janji–janji manis. Dalam realitanya atau penerapannya tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan ketika sudah berhasil duduk (di legislatif) .

Lebih lanjut Danan mengatakan, untuk mencegah hal tersebut maka pendidikan politik kepada masyarakat oleh parpol di berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia bisa diwujudkan dalam kegiatan yang nyata. Bukan hanya tertera pada UU partai politik ataupun menjadi program-program di atas kertas tanpa realisasi bagi partai politik.

Pendidikan politik yang dilakukan secara terprogram, terbuka, komunikatif, dan persuasif serta berkesinambungan akan membuat masyarakat terpanggil untuk berpartisipasi aktif dalam setiap pemilu. Dijarapkan dengan pendidikan politik dan partisipasi masyarakat dalam setiap momen pemilu akan melahirkan kepemimpinan dan pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Siti Mukaromah mengatakan, Pendidikan Politik dan Restrukturisasi Ranting untuk membekali kader agar lebih bersemangat memperjuangkan kepentingan masyarakat serta mengarahkan masyarakat agar mengetahui jalur penyampaian aspirasi yang benar.

“Alhamdulillah 27 kecamatan dan 331 desa / ranting se kabupaten Banyumas telah melaksanakan dikpol dan konsolidasi restrukturisasi dengan situasi yang luar biasa penuh hikmat dan suasana menggembirakan. Semua terlibat aktif dan merespon positif. Karena ini adalah yang diharapkan seluruh kader PKB,” katanya. (Nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.