Kentang Lokal Lampeng Banjarnegara Terima Sertifikat

Kentang Lampeng Banjarnegara Terima Sertifikat

Banjarnegara, banyumasnews.com —Kentamg lokal variates “Lampeng” asli Banjarnegara memperoleh sertifikasi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jateng, Dr Ir Joko Pramono MP menyerahkan sertifikat atas usulan varietes lokal Kentang jenis “Lampeng” tersebut, hari ini, Senin (28/09/2020) yang diterima Bupati Budhi Sarwono di Pringgitan.

Kentang Varietas Lampeng asli Banjarnegara dinyatakan memenuhi semua unsur yang disyaratkan. Bupati Budhi Sarwono saat menerima sertifikat tersebut menyatakan siap memasyarakatkan kentang Lampeng dari Banjarnegara ini.

“Kita akan segera upayakan launching atas varietas kentang Lampeng asli
Banjarnegara ini,” kata Bupati.

Bupati siap bersinergi dengan lembaga seperti Unsoed dan litbang pertanian maupun perusahaan yang potensial untuk memasyarakatkan kentang lokal ini agar bisa go public.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jateng, Dr Ir Joko Pramono MP, mengatakan
Banjarnegara adalah salah satu penghasil kentang di Jateng dan memiliki ragam sumber daya genetik kentang lokal yang belum dieksplore.

“Tepatnya di kawasan pegunungan Dieng Kabupaten Banjarnegara, adalah sentra pengembangan kentang di Jateng,” terangnya.

Bersama dengan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, team SDG Balitbangtang BPTP Jateng Badan Litbang Pertanian melakukan identifikasi dan karakterisasi satu varietas lokal kentang Banjarnegara, untuk didaftarkan status kepemilikannya ke Pusat PVTPP Kementerian Pertanian.

Varietas lokal Lampeng, katanya, mempunyai bentuk lonjong, warna bunga putih dan relatif tahan terhadap Phytoptora ini.

“Bagi petani dan penangkar benih kentang berharap agar kentang varietas Lampeng menjadi alternatif pilihan dalam pengembangan kawasan kentang yang lebih luas di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya,” jelasnya. (mjp/nan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.