Guru dan Siswa SMK Negeri Purwojati Studi Banding dengan Komunitas Pegiat Film Bombong Lines

BANYUMAS, banyumasnews.com – Sejumlah guru dan siswa SMK Negeri Purwojati Kabupaten Banyumas melakukan studi banding dengan komunitas pegiat film Bombong Lines. Mereka melihat langsung kegiatan pembuatan film yang sedang dilakukan komunitas ini di lokasi syuting Desa Pekuncen, Banyumas.

”Kami memang sejak awal ingin sekali melihat proses produksi film yang dilakukan para pegiat Bombong Lines ini. Ingin belajar langsung, supaya siswa kami bisa cepat menyerap ilmunya,” ujar Puji Ambarwati, guru SMK Negeri Purwojati yang menjadi pembimbing kegiatan para siswa ini, Senin (28)9)2020).

Menuurt Puji, kegiatan ini merupakan ekstra kurikuler di sekolah. “Meskipun di sekolah tidak ada jurusan multimedia atau budaya, tapi sekolah ingin punya kegiatan ekstra kurikuler yang sedikit beda,” tambah guru Bahasa Indonesia ini.

Para pelajar bisa belajar mulai dari akting, teknik pengambilan gambar, blocking, dan sejunlah pelajaran yang didapat langsung di lokasi tersebut.

Puji menambahkan, setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan produksi film dan membuat film. Acara pelatihan akan digelar pada tanggal 1 Oktober 2020 dengan mengundang aktor dan praktisi film Nanang Anna Noor dan penulis serta sutradara film Gutheng Iku Akhin.

Diharapkan setelah kegiatan tersebut, pelajar nantinya bisa memproduksi sendiri film-film pendek yang bisa diikutkan dalam festival atau untuk konsumsi Youtube. Para siswa mengaku puas mendapat pelajaran langsung di lokasi syuting film Bombong Lines.

Sementara penulis dan sutradara film Gutheng Iku Akhin megatakan, belajar di lokasi menjadikan siswa lebih gampang paham, karena melihat langsung kegiatan ini. ”Ini cara paling efektif dan mengena. Silahkanlah siapa saja baik itu sekolah , komunitas atau umum yang mau belajar bareng dengan kami. Monggo terbuka untuk semua,” ujar pria yang rajin menulis naskah film televisi dan kordinator Bombong Lines ini. (nan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.