Keberhasilan Program Kota Tanpa Kumuh Diapresiasi Bupati

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwonp sambut gembira keberhasilan Program Kota Tanpa Kumuh

BANJARNEGARA, banyumasnews.com — Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mendukung Program “Kota Tanpa Kumuh” (Kotaku) serta Bantuan Perumahan Stimulan Swadaya (BSPS). Hal ini disampaikan Bupati ketika meninjau hasil kegiatan program Kotaku dan BSPS di Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok, Kamis (23/9/2020).

Bupati menilai, Purwareja Klampok merupakan kota satelit Banjarnegara, dimana penduduknya padat, lalu lintas yang ramai dan lingkungan yang dinamis.

“Klampok adalah halaman muka Banjarnegara dari arah Barat. Jadi tepat sekali kawasan ini ditata dengan lebih baik. Jadi program Kotaku ini sangat tepat karena langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Demikian juga program BSPS,” kata bupati.

Pada kesempatan tersebut, Budhi meminta maaf kepada masyarakat karena sejak adanya wabah Covid-19, pembangunan sedikit tersendat. Namun alhamdulillah kita tetap berdaya dengan tetap melaksnakan pembangunan, disamping terus menangani pandemi yang berlangsung,” imbuhnya.

Kades Klampok, Agus Supriono, menyatakan rasa syukurnya, bahwa desanya mendapatkan beberapa alokasi anggaran dari pusat, disaat dana desa sebagian untuk penanganan pandemi Covid-19.

Dana Desa, katanya, dialokasiman mengcover kegiatan secara maksimal, tahun ini Desa Klampok mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Sederhana 50 unit dan Program Kota Tanpa Kumuh di
8 wilayah RT.

“BSPS atau RLTH sudah selesai Agustus lalu untuk 50 rumah, dan untuk KOTAKU tercover beberapa kegiatan persampahan, dainase, ipal serta jamban komunal,” lapor sang Kades.

Adapun warga pemerima manfaat. Slamet Zaelani memgatakan bahwa program kotaku sangat membantu warga seperti di lingkungannya yang terdampak kumuh.

“Alhamdulillah 90 persen kekumuhan lingkungan kami telah teratasi. Drainase, jalan lorong, dan ipal. tepat sekali karena desa sedang mengalami keprihatinan ini,” kisahnya.

Pada peninjauan tersebut, hadir pula anggota Komisi 5 DPRRI Lasmi Indaryani SE.

Lasmi mengatakan, bahwa Komisi 5 DPR bermitra dengan Kemendesa, Basarnas, BMKG, dan Kementrian PUPR.

Dia, katanya, selalu berusaha berusaha membawa aspirasi masyarakat. Antara lain melalui program RLTH, Kotaku, jalan antar desa, dan jalan usaha tani.

Hadir mendampingi bupati antara lain Kepala BPBD, Kepala Dinas Kominfo, Camat beserta Forkompimca dan oara kades se-Kecamatan Purwareja Klampok. (mjp/nan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.