Peluncuran Buku “Kluwung neng Langit Penginyongan” Tandai Pengumuman Lomba Nulis Geguritan

Pengumuman Pemenang Lomba Nulis Geguritan, Diwarnai Peluncuran Buku “Kluwung neng Langit Penginyongan”

PURWOKERTO, banyumasnews.com — Pengumuman pemenang lomba menulis geguritan yang diadakan SIP Publishing bekerjasama dengan Ancas Kalawerta Penginyongan, Komunitas Sastra Rupa yang didukung oleh Kaos Ngapak dan Rumah Batik Anto Djamil, ditandai dengan peluncuran buku “Kluwung neng Langit Penginyongan”.

Kegiatan tersebut bertempat di Pendopo Wakil Bupati Banyumas pada hari Minggu (16/8/2020) lalu. Para juara lomba menulis geguritan diseleksi dari 100 besar naskah terpilih terbaik, yang dinilai langsung oleh dewan juri Wanto Tirta, Presiden Geguritan Banyumas, Fadjar Praptono, penulis buku Geguritan “Banyumase Inyong” dan Jefrianto, pegiat sastra Jawa.

Lomba tersebut tidak hanya diikuti dari peserta yang berasal dari Barlingmascakeb, tetapi terdapat juga peserta dari Brebes, Tegal, Pekalongan, dan ada juga dari provinsi lain seperti Aceh dan Jawa Timur.

Menurut Indra Defandra, let us panitia lomba yang juga owner SIP Publishing, terkait proses lomba, pendaftaran dimulai bulan Maret, ditutup di bulan Mei 2020. Naskah dikirim ke email panitia, dan penjurian dimulai bulan Juni sampai Juli untuk memilih 100 guritan terbaik. “Kemudian 100 guritan terbaik itu dibukukan dalam buku Antologi Geguritan “Kluwung neng Langit Penginyongan” karya Brayat Penginyongan”, terangnya.

Dalam kegiatan pengumuman dan peluncuran buku tersebut dibuka oleh Sastrawan dan Budayawan Ahmad Tohari, yang berpesan pada para peserta agar bangga terhadap basa Penginyongan.

“Bukan hanya mampu bertutur, masyarakat dituntut pula pintar menggunakan Bahasa Penginyongan secara tulis. Pengetahuan ihwal bahasa Panginyongan perlu diajarkan sejak dini di lingkungan sekolah ataupun keluarga,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini harapan panitia, diharapkan semakin meningkat kecintaan  dan kebanggaan pada bahasa Penginyongan. “Lomba ini menggeliatkan semangat membaca dan menulis dengan basa Penginyongan,” kata Indra.

Di sela-sela kegiatan beberapa peserta juga diberikan kesempatan untuk membacakan geguritannya. Terdapat pula penampilan dari Nasirin L Sukarta, penulis novel berbahasa Banyumas, yang mempersembahkan salah satu tembang macapat gubahannya.

Adapun pemenang lomba Juara 1 Dimas Indianto, Juara 2 S. Ratman Suras, Juara 3 Nasirin L Sukarta. Harapan 1 Warsono, Harapan 2 Saeran Samsidi, dan Harapan 3 Yesi Dyah.

Para juara memperoleh hadiah berupa uang tunai, piala, piagam penghargaan, voucher penerbitan dari SIP Publishing dan gratis langganan Ancas Kalawerta Penginyongan selama setahun. (*/pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.