Pengunjung GOR Goentur Darjono Jalani Test Swab Covid Massal

PURBALINGGA, BanyumasNews.com – Warga masyarakat Purbalingga yang tengah melakukan olahraga pagi di stadion GOR Goentur Darjono menjalani tes swab massal, Minggu (26/7). Test dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan setempat secara mendadak. Akibatnya, banyak pengunjung yang kemudian mengurungkan niatnya datang ke stadion.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Drg Hanung Wikantono, MPPM mengungkapkan, tes swab massal memang dilakukan mendadak. Test ini untuk mengetahui secara acak kemungkinan pengunjung yang terkonfirmasi covid-19.  “Dalam tiga pecan terakhir, warga masyarakat yang berolahraga ke stadion semakin ramai, mereka tidak diketahui darimana asalnya. Maka kami lakukan test secara acak dan massal,” kata Hanung.

Hanung menyebut, dari sampel yang berhasil diambil dari pengunjung ada sebanyak 34 orang. Memang ada yang secara sukarela minta di-swab, tetapi ada juga yang menolak untuk dilakukan test saat diminta oleh petugas. “Hasil test akan diketahui sekitar hari Rabu pecan depan setelah selesai pemeriksaan di laboratorium Yogya yang direkomendasi Kemenkes,” kata Hanung.

Hanung menambahkan, jumlah kasus positif Covid di Purbalingga saat ini total sebanyak 72 orang. Dari jumlah itu 8 masih menjalani perawatan, 63 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia. Kasus terbanyak berasal dari warga yang memiliki mobilisasi dari Jakarta dan Gowa. (Tgr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.