BDI Pertamina RU Cilacap Resmikan Gedung Baru TPQ Istiqamah

*Contact Media*
Hatim Ilwan
Unit Manager Communication, Relation & CSR

Bantu Tuntaskan Buta Baca Al-Qur’an Sejak Dini, BDI Pertamina RU Cilacap Resmikan Gedung Baru TPQ Istiqamah

CILACAP, BanyumasNews.com – Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap meresmikan gedung baru Taman Pendidikan Quran (TPQ) Istiqomah yang berlokasi di area Masjid Baiturrahim, Kompleks Rumah Dinas Gunung Simping, Cilacap, Minggu akhir pekan lalu (19/07). Peresmian langsung dihadiri General Manager RU IV, Joko Pranoto.

Acara diawali Shalat Dzuhur berjama’ah di Masjid Baiturrahim, dilanjutkan dengan makan siang sembari menyaksikan penampilan putra-putri pekerja yang melantunkan hafalan Al – Qur’an, kultum dan pembacaan puisi. Turut hadir Tim Management RU IV, jama’ah pengajian Al–Qudwah, Pengurus BDI, Ketua dan pengurus Persatuan Wanita Patra (PWP) serta tokoh agama Kabupaten Cilacap H. Hasan Makarim.

Dalam sambutannya, Ketua BDI Sugiyo menjelaskan bahwa TPQ di Masjid Baiturrahim maupun Baiturrahmah Lomanis berdiri sejak tahun 1987 dengan fluktuasi anak didik sekitar 200 orang yang 90%-nya berasal dari luar kompleks. “Ini membuktikan bahwa fasilitas Pertamina bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan menjadi sarana dakwah BDI kepada warga. Ini juga yang menjadi dasar dibangunnya gedung TPQ,“ ujarnya.

Adapun Joko berharap TPQ Istiqomah dapat dijadikan sarana belajar mengajar bagi calon pemimpin ke depan agar mereka siap menjadi generasi penerus yang di setiap langkahnya berbekal pada ajaran Al-Quran. “TPQ ini juga dibangun untuk mengakomodir putra-putri pekerja muslim agar dapat lebih optimal mendalami ajaran agama Islam,” jelasnya.

Meski telah hadir dengan bangunan baru, tetapi proses belajar mengajar di TPQ ini masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat lantaran masih dalam suasana mewabahnya pandemic Covid -19. “InsyaAllah kehadiran TPQ ini bisa turut menuntaskan buta baca Al-Qur’an sejak dini,” tambah Joko.

Di sela-sela sambutannya, Joko lalu mengingatkan kebiasaan pekerja Pertamina RU IV dalam hal berbagi. “Apapun langkah kita harus dibarengi dengan berbagi, untuk mengingatkan bahwa rejeki yang diterima sebagiannya adalah hak orang lain. Dengan begitu Pertamina akan semakin barokah, sehingga semakin banyak berkontribusi kepada masyarakat,” tutupnya. (*/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.