Asyiknya Menjajal Nyali di Sukan River Tubing Cilongok Banyumas

Asyiknya Menjajal Nyali di Sukan River Tubing Cilongok Banyumas

CILONGOK, BanyumasNews.com – Satu lagi tempat wisata baru bernama Sukan River Tubing di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, menyuguhkan pemandangan alam dan aliran air yang jernih. Pengunjung juga dapat menyusuri aliran sungai sepanjang satu kilometer dan melewati terowongan di atas rel kereta api.

Penanggungjawab Sukan River Tubing, Roko Adi Nugroho mengatakan, tempat tersebut baru dibuka pada Minggu (21/6/2020) oleh Kepala Desa Panembangan. Walaupun sudah banyak pengunjung yang datang, protokoler kesehatan diterapkan baik kepada pengunjung maupun pengelola dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Sukan River Tubing menjadi satu destinasi wisata alam. Pengunjung dapat menyusuri sungai bersensasi memacu adrenalin, karena jalur sungai sangat bervariasi medannya. Salah satunya masuk terowongan yang berada di atas rel kereta api sepanjang 30 meter. Dan kami menerapkan protokoler kesehatan seperti wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak,” jelasnya.

Sukan River Tubing, desa Panembangan Cilongok memacu adrenalin.

Menurut Kepala Desa Panembangan, Untung Sanyoto, aliran sungai Sukan yang dijadikan tempat tubing, selama ini belum dimanfaatkan optimal. Mulai tahun 2020, langsung disiapkan untuk dijadikan satu tempat wisata alam oleh pemerintah desa dan BUMDes. Dukungan dari warga juga sangat besar sampai akhirnya bisa dibuka dan dinikmati warga dan pengunjung luar desa Panembangan.

Kepala BUMDes Cilongok, Wayono menuturkan, lokasi wisata ini akan terus dikembangkan sejalan dengan animo pengunjung.

“Sukan River Tubing memiliki kelebihan dibanding lokasi serupa di tempat lain. Jalurnya tidak berbahaya dan melintasi pemandangan pematang sawah hingga terowongan bawah jembatan kereta api,” ujar Wahyono.

Menurut Wahyono, untuk menikmati perjalanan sepanjang 1,2 km cukup murah, hanya dengan kocek Rp 20 hingga Rp 25 ribu.

Aliran sungai Sukan sebelumnya hanya dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian. Namun melihat potensi sungai tersebut, pihak desa bersama BPD, BUMDes dan lembaga RT/RW sepakat, sungai Sukan dijadikan tempat wisata tubing.

Sementara Camat Cilongok Rony Hidayat mengatakan, lokasi wisata baru ini akan menjadi kekayaan aset wisata di wilayah Cilongok. Sukan River Tubing diharapkan bisa semakin berkembang khusunya sarana pendukungnya.

“Sarana seperti akses jalan menuju lokasi nantinya harus diperbaiki. Karena ternyata pengunjung makin banyak, ” ujar Rony. (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.