Penambang Banjarnegara Demo Tolak Portal Jalan

Demo Forum Banjarnegara Bersatu (FBB) menentang pemasangan portal jalan ruas Mantrianom-Masaran
BANJARNEGARA,¬†BanyumasNews.com — Aksi turun ke jalan dilakukan oleh ratusan penambang yang tergabung dalam Forum Banjarnegara Bersatu (FBB), pada Selasa (7/7/20). Aksi ini menolak portal jalan bekas proyek Mrica, yakni ruas antara Mantrianom ke Masaran. Peserta aksi berasal dari berbagai penambang yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

 

Pendemo yang dipimpin langsung oleh Setiawan Budiarto, salah satu tokoh pengusaha tambang, mempersoalkan pemasangan portal oleh Pemkab di Jalan Merica ruas Mantrianom – Masaran. Pemasangan portal ini ditentang karena mengakibatkan tidak bisa beroperasinya tronton pengangkut hasil tambang, juga truk pengangkut hasil pabrik kayu, dan pabrik tekstil di jalan tersebut. Padahal angkutan tesebut sangat vital untuk kelancaran usaha, yang banyak mempekerjakan penduduk di wilayah tersebut.

 

Sejumlah poster kecaman dan sindiran diusung oleh Forum Banjarnegara Bersatu (FBB) dalam aksinya tersebut. Mereka juga berorasi di atas panggung dan membentangkan poster pada kendaraan truck miliknya, yang diparkir di lokasi pemasangan portal.

 

Menurut Iwan Manembah, panggilan Setiawan Budiarto, pemasangan portal tersebut tidak mempertimbangkan aspek pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Menurutnya, wilayah Kecamatan Bawang merupakan daerah penyangga industri di Kabupaten Banjarnegara.

 

Seperti diketahui, di wilayah tersebut terdapat usaha tambang feldspar, juga terdapat stasiun pengisian bahan bakar elpiji, pabrik kayu lapis, tekstil, pabrik tapioka, dan potensi wisata. “Jika diportal, berapa banyak masyarakat yang akan terdampak. Kalau banyak pengangguran, bisa memicu tindak kriminalitas”, tegas Iwan.

 

Aksi demo menentang portal jalan oleh para penambang tidak hanya dilakukan kali ini. Aksi serupa pernah pula dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Namun rupanya belum mendapat respon dan solusi yang bisa diterima semua pihak. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.