KKN Mahasiswa UNS Bantu Jelaskan Soal New Normal

Mahasiswa UNS yang sedang KKN di Pekuncen ikut sosialisasi New Normal

PEKUNCEN, BanyumasNews.com — Dalam rangka ikut memfasilitasi warga terkait informasi bahaya Covid-19 dan edukasi PHBS untuk New Normal, Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui kegiataan KKN mahasiswanya ikut mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan di masa New Normal.

Hal ini terkait dampak pandemi Covid-19 yang berakibat pada terhambatnya berbagai sektor, tak terkecuali sektor perekonomian. New Normal terpaksa dilakukan untuk memperbaiki perekonomian yang sudah semakin surut. Bupati Banyumas Achmad Husein, sudah mencanangkan New Normal setelah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan sebagai zona resiko rendah sejak pertengahan Mei 2020.

Adanya KKN Era Covid-19 yang dilaksanakan oleh Universitas Sebelas Maret dijadikan alternatif dalam membantu berjalannya New Normal di Desa Cibangkong RT 04 RW 05, Pekuncen. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Amalia Firdaus Yanti, salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Biologi dengan bimbingan Sorja Koesoma, S.Si., M.Si.

Fasilitasi informasi pentingnya memahami bahaya Covid-19 dan cara menjalani New Normal dilakukan secara menarik meskipun secara online dengan bantuan sosial media.

Program kegiatan KKN yang dilaksanakan meliputi (1) Edukasi peningkatan pemahaman masyarakat mengenai bahaya Covid-19 (2) Edukasi budaya menjaga kebersihan tangan (3) Edukasi budaya menggunakan masker (4) Edukasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat lainnya.

Program kerja tersebut diambil dari salah satu tema KKN “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”.

Pelaksanaan KKN dimulai dari 16 Mei sampai 28 Juni 2020. Jumlah warga RT 04 yang ikut berperan aktif sebanyak 25 KK melalui edukasi daring. Hasil program kegiatan diantaranya meliputi fasilitasi informasi secara lengkap yang disebarkan secara online melalui grup Whatsapp RT, Instagram, dan Twitter.

Sedangkan sebagai bekal New Normal, dilakukan pembagian masker, sabun cuci tangan, pamflet terkait informasi dasar cara cuci tangan yang baik dan benar, cara menggunakan dan membuang masker, cara mengecek obat dan makanan dengan metode cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, Kadaluwarsa). Masyarakat juga dihimbau untuk melakukan budaya PHBS sebagai tindakan pencegahan Covid-19 melalui pemasangan banner di pos ronda, sekitar lingkungan RT.

“Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang miskonsepsi terkait pemberlakuan New Normal. Diadakannya KKN UNS Era Covid-19 ini sangat mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan the real New Normal. Sehinggan program ini sangat bermanfaat dalam membantum menyadarkan masyarakat untuk selalu menjalankan aktifitas dengan tetap patuh terhadap protocol kesehatan”, kata Amalia.

Semua masyarakat RT 04 sangat antusias dalam setiap kegiatan, terlebih saat dilakukan pembagian seperangkat alat kebersihan sebagai bekal PHBS. Bahkan beberapa orang tua juga ikut menyaksikan pemasangan banner, membaca himbauan indikator PHBS.

“Saya sebagai ketua RW 5 Desa Cibangkong sangat mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dari program KKN UNS, semoga semuanya selalu diberi kesehatan”, ujar Kasan Ahmad Soderi.

Amalia membagikan alat pelindung diri (APD) kepada warga

Amalia selalu merasa bahwa kegiatan KKN Covid-19 UNS ini sangat bermanfaat dalam membantunya ikut serta berkontribusi secara langsung dalam menyadarkan masyarakat akan bahaya Covid-19 dan memberikan solusi supaya masyarakat disiplin melakukan New Normal.

Menurut Amalia, sebagai seorang mahasiswa, ini sudah menjadi sebuah keharusan untuk ikut serta dalam mengatasi pandemi ini. Kegiatan KKN ini juga sebagai dukungan kontribusi secara nyata dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang pengabdian kepada masyarakat. (*/pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.