Petani Di Kaki Gunung Slamet Panen Raya Kentang

PURBALINGGA, BanyumasNews.com –  Para petani hortikulturan di sejumlah desa di kaki Gunung Slamet, mulai menikmati panen raya kentang. Petani merasa gembira karena harga kentang saat ini bagus dan menguntungkan.

Slamet (49) salah seorang petani di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga mengatakan harga kentang stabil dan bagus. Berbeda dengan harga sayuran lain yang fluktuatif. “Saat ini harga kentang di tingkat pedagang Rp 8.000 per kilogramnya.,” kata Slamet, Senin (15/6).

Slamet mengungkapkan, harga sebelumnya, per kilogram berkisar Rp 4.000 hingga Rp 5.000,-. Harga itu ditingkat pedagang yang mengambil langsung dari kebun. “Saat ini harganya stabil dan jika dihitung dengan ongkos budidaya, lumayan untungnya,” kata Slamet tanpa menyebut berapa keuntungannya.

Dalam satu hektar, rata-rata bisa menghasilkan kentang 25 ton. Artinya, dalam satu hektar bisa menghasilkan Rp 200 juta, sementara untuk biaya budidaya sekitar Rp 60 juta per hektar.  “Yah, lumayan mas keuntungannya. Harganya sangat bagus,” katanya. (*)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.