Kampus UMP Mendulang Banyak Prestasi, Tersedia Banyak Prodi

UMP Terus Mendulang Prestasi, Tersedia Banyak Prodi

PURWOKERTO, BanyumasNews.com –Prestasi bukan lagi hal yang aneh bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam perjalanannya, berbagai prestasi telah diraih mahasiswa dan dosen UMP.

”Ini memang menjadi kebijakan kampus. Kita memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati,” jelas Rektor UMP Dr Anjar Nugroho.

Belum lama ini UMP juga tembus menjadi 50 perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah, UMP merupakan perguruan tinggi terbaik ke-3.

“Kalau dilihat dari UniRank pada tahun 2020 ini, UMP di posisi 50 besar Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri se Indonesia. Alhamdulillah, ini suatu yang disyukuri karena jumlah perguruan tinggi se Indonesia jumlahnya banyak sekali,” jelas Rektor.

Belum cukup sampai disitu, bagi kalangan mahasiswa, berbagai prestasi telah berhasil dicapai. Melalui berbagai temuan dan inovasi yang dilakukan, berbagai produk teknologi tepat guna telah dihasilkan para mahasiswa.

Belum lagi prestasi-prestasi yang bersifat peminatan dan bakat, ada banyak yang sudah diraih mahasiswa UMP. Antara lain, meraih juara I dan II kejuaraan silat Tapak Suci tingkat dunia, lolos dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi Nasional, Juara 1 Lomba Karya Tulis Nasional, terpilih sebagai Duta Genre, juara I pekan Olah Raga PTM se Indonesia dan berbagai prestasi lainnya.

“Alhamdulillah ini suatu posisi yang harus kita syukuri, dan ini sudah menjadi tekad kita agar tidak terlena dengan prestasi itu. Tugas kita masih banyak, ke depan kita masih kerja keras, untuk mencapai capaian yang lebih tinggi dari apa yang telah kita dapatkan sekarang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr Jebul Suroso menambahkan, UMP telah memiliki banyak Prodi.

Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ada Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), dan PGPAUD (S1).

Untuk Prodi Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran adalah Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebidanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), dan Keperawatan Anestesiologi (D4).

“Fakultas Agama Islam memiliki dua Prodi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga prodi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3,” jelasnya.

Fakultas Pertanian ada dua prodi yakni Agribisnis (S1), dan Agroteknologi (S1).

Di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).

“Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Sastra Prodi Sastra Inggris S1, dan Fakultas Hukum,” jelasnya.

Selain Prodi S1, Dr Jebul juga menyebutkan UMP telah memiliki Program Pascasarjana S2 yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

“Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru,” jelasnya.

Saat ini UMP sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Antara lain lokal perkuliahan seluruhnya ber-AC dan ber-LCD.

Bahkan Broadband Internet yang dimiliki UMP 16 Kali Standar Akreditasi.

Bagi mahasiswa yang punya bakat, sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswaan (UKM) atau ekstrakulikuler seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Taekwondo, Teater Perisai, Radio Gradiosta, Koprasi Mahasiswa Lebah, Olahraga, Lembaga Pres Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Pramuka, Karate BKC, Gema Surya Suara (GSS) Choir, dan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pik-Ma) Youth Center.

Guna menunjang proses perkuliahan dan peningkatan kualitas pendidikan UMP memiliki sejumlah fasilitas.

Ada Alumni Mengajar ke Luar Negeri, pertukaran mahasiswa Ke luar negeri, Beasiswa Belajar Bahasa Arab selama 2 tahun, Program KKN Ke Luar Negeri, hingga Beasiswa Erasmus.

Belum cukup sampai di situ, di UMP juga tersedia Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Perpustakaan (e-library) yang sudah terakreditasi A, kualifikasi dosen S-2 dan S-3, Sistem Akademik Berbasis Online, Sertifikasi Lulusan, Laboratorium Komputer, Audit, dan Bahasa. (*/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.