Ular Sepanjang 2,5 Meter Gegerkan Warga Perum Tanjung

Ular Sepanjang 2,5 Meter Gegerkan Warga Perum Tanjung

PURWOKERTO, BanyumasNews.com – Warga Perumahan Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan digegerkan dengan temuan seekor ular sanca berukuran besar, Sabtu (6/6/20) pagi. Ular sepanjang 2,5 meter jenis Python Reticulatus ditemukan di atas sebuah pohon oleh seorang warga.

Warga yang pertama kali menemukan, Mingan (42) sekitar pukul 05.30 WIB. Menurutnya sehabis bangun tidur, dirinya mau lihat burung di atas pohon di sebelah sungai. Namun saat melihat ke arah pohon, ia melihat sesuatu yang mencurigakan.

“Awalnya saya kira sarang semut, tapi setelah diamati ternyata ular sanca,” katanya.

Mingan memberitahukan keberadaan ular tersebut kepada warga sekitar dan melapor ke Ketua RT. Lantaran tak ada yang berani menangkapnya, wargapun melaporkannya ke Tagana Kabupaten Banyumas.

Petugas Tagana Banyumas yang dipimpin Koordinator Tagana, Ady Candra, langsung ke lokasi tak lama setelah mendapat laporan warga. Ia bersama anggotanya lalu melakukan evakuasi ular sanca tersebut.

Sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dan ular tersebut. Lantaran ular berusaha kabur saat akan coba ditangkap, ular terjatuh ke sungai Bener. Ular akhirnya bisa ditangkap untuk diamankan sekitar pukul 07.45.

“Di sini memang habitatnya karena di pinggiran sungai dan banyak semak serta pepohonan. Ular kami amankan untuk dijauhkan dari pemukiman,” jelasnya. (prs/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.