387 Lulusan SMAN 1 Purbalingga Diwisuda Secara Daring

Kepala SMAN 1 Purbalingga, Drs Kustomo, MM didampingi ketua dan sekertaris komite.

PURBALINGGA, BanyumasNews.com – Sebanyak 387 siswa Klas XII SMAN 1 Purbalingga tahun pelajaran 2019/2021,  Kamis (28/5/2020)  mengikuti prosesi  wisuda dan pelepasan virtual atau secara daring (online). Prosesi unik dan di luar dari kebiasaan ini dilaksanakan untuk mematuhi protokol kesehatan pemerintah terkait pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

Dalam prosesi ini, SMA Negeri 1 Purbalingga memilih aplikasi zoom meeting dan live streaming youtube.

Para siswa yang diwisuda dan dilepas mengenakan seragam khas SMAN 1 Purbalingga, atas putih dan bawah warna cream. Sedangkan orang tua yang mendampingi anak-anaknya di rumah masing-masing itu, mengenakan pakaian batik.

Acara tersebut live sejak pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB. Dalam hal ini, dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan mengenai pencegahan Covid-19, sebanyak 25 orang hadir di Aula sekolah setempat.  Mereka yang juga termasuk petugas yang mengoperasikan jaringan internet, mengenakan masker, jaga jarak, dan di depan pintu masuk disediakan tempat cuci tangan dengan sabun serta hand sanitizer.

Prosesi wisuda dipimpin Kepala SMAN 1 Purbalingga Drs. Kustomo, MM, dihadiri ketua komite Drs H Akmah Khotib, M.Pd bersama sekretaris komite Drs. Prasetiyo. Sebagai pemandu acara, Ruswanto, S.Pd dan Dewi Maryanti,  S.Pd, M.Pd.

Juga hadir  wali kelas XII, dan enam siswa peraih peringkat 1 hingga tiga untuk jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan peringkat 1 hingga 3 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Para siswa yang meraih nilai ujian sekolah tertinggi itu didampingi orang tua masing-masing.

Sebanyak 387 lulusan klas XII yang diwisuda, terdiri 256 dari jurusan MIPA, dan 131 dari jurusan IPS. Untuk jurusan MIPA, peringkat 1 berdasarkan nilai ujian sekolah diraih  Aisyah Azizah Nur Rahmah dari Klas XII MIPA 5 dengan nilai rata-rata  96,00, kedua Rafi Pradita dari Klas XII MIPA 8 (95,00), dan peringkat ketiga Farah Amalia Nurharisyah dari Klas XII MIPA 4 (94,60). Untuk jurusan IPS, peringkat 1 Sapto Allan Toto Sapria dari Klas XII IPS 4 (92,33), peringkat 2 Maulana Fajar Gimnastiar dari Klas XII IPS 3 (92,13), dan peringkat ketiga Sulis Aditia Putriana dari Klas XII IPS 4 (92,07).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Siti Chusnul Muftiati, S.Pd mengemukakan, pada tahun pelajaran 2019/2020   ini, sebanyak 33 siswa Klas XII diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN). Mereka tersebar  di ITB 3 siswa , IPB (2), UGM (2), Undip  (10), UNS (8), dan Unsoed (7).

“Sedangkan yang telah diterima di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) sebanyak 8 siswa, dan di Politeknik Astra 2 siswa,” ujar Siti Chusnul Muftiati.

Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga, Drs. Kustomo MM berpesan kepada lulusan G56 Abimanyu–sebutan untuk lulusan SMAN 1 Purbalingga tahun 2019/2020–,meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, harus tetap semangat untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. Yakni melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Pergurian Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dijadwalkan Mei-Juli, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Mei-Juli, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan Juni- Agustus, dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Swasta Terakreditasi.

“Perlu diingat, bahwa kesuksesan kalian lulus dari SMA Negeri 1 Purbalingga merupakan bagian kecil dari kehidupan, dan menjadi tangga untuk meniti jalan perjuangan yang lebih besar dalam menggapai cita-cita,”  ujar Kustomo.

Oleh karena itu, lanjut Kustomo, pihaknya menekankan agar lulusan SMAN 1 Purbalingga harus cerdik dalam mengatur strategi, tetap percaya diri dan semangat membara serta kerja keras untuk mewujudkan mimipi-mimpi. “Kesuksesan kalian diawali dari mimpi yang besar,” pesan Kustomo.  (Tgr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.