Hindari Kerumunan, Ini Cara Pemdes Karangsari Bagi-bagi BLT

PURBALINGGA, BanyumasNews.com –  Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsari Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga  membagi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD). Pembagian langsung ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertujuan untuk mengurangi kerumunan ditengah pandemi virus Covid-19.

Kepala Desa Karangsari, Rochmani mengatakan pembagian door-to-door merupakan yang pertama kali di Kecamatan Karangmoncol. Tujuannya selain mengurangi kerumunan, juga tugas pelaksanaan pemantauan kewilayahan, sehingga kita bisa langsung melihat kondisi masyarakat saat pandemi virus Covid-19.

“Ada 170 KK yang mendapatkan BLT DD dan akan kita didistribusikan pada hari ini, jika dilihat besaran anggaran sebesar Rp 102,6 juta,” katanya

Camat Karangmoncol, Juli Atmadi mengatakan untuk tahap pertama ada 6 desa yang sedang menyalurkan BLT Desa yakni Desa Rajawana, Grantung, Pekiringan, Pepedan, Karangsari dan Baleraksa. Kemudian untuk tahap ke dua, Desa Tamansari, Tunjungmuli, Kramat, Sirau dan Tajug, yang akan dilaksanakan pada Kamis (21/5).

“Kami berharap dengan pembagian BLT DD sebelum lebaran, bisa digunakan oleh KPM untuk membeli sembilan bahan pokok (Sembako), dan kami mewanti jangan untuk membeli hal-hal yang tidak penting, seperti membeli pulsa atau kebutuhan yang tidak mendesak,” katanya.

Juli juga menambahkan pelaksanaan pembagian BLT DD tetap menggunakan protokol kesehatan covid-19, hal tersebut sebagai upaya mencegah wabah virus corona. Selain penggunaan protokol covid-19, pihak kecamatan juga melakukan berbagai upaya salah satunya adalah melakukan sosialisasi penggunaan masker pada saat ngabuburit.

“Pada jam malam, kita juga melakukan patroli bersama dengan Polsek Karangmoncol dan Koramil 11 Karangmoncol, sekaligus menjaga kondusifitas wilayah,” katanya. (Tgr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.