Polisi Tangkap Pembuat Petasan, Ratusan Renteng Mercon Disita

Tangkap Pembuat Petasan, Sat Reskrim Polresta Banyumas Amankan Ratusan Renteng Mercon

CILONGOK,  BanyumasNews.com – Satuan Reskrim Polresta Banyumas berhasil mengungkap kasus penjualan petasan berdasarkan Laporan Polisi No : LP/A/251/V/2020/Jateng/Resta Bms tanggal 8 Mei 2020.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Wisnu Caraka SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Berry ST SIK, menjelaskan pihaknya pada tanggal 4 Mei 2020 mendapat informasiadanya penjualan petasan di desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

“Setelah melakukan penyelidikan, pada hari kamis (7/5/20) kami mengamankan petasan rentengan berbagai jenis dari MA, dan didapati barang bukti berupa petasan sebanyak empat karung”, jelas Kasat Reskrim.

Setelah dilakukan pengembangan, pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020, polisi mengamankan seorang yang diduga pelaku (KR, asal Desa Meri, Kutasari, Purbalingga) dengan TKP di sebuah angkringan di Jl. Kertawibawa, Karanglewas Lor,  Kecamatan Purwokerto Barat.

“Modusnya, pelaku membeli bahan mercon yang sudah jadi dengan kandungan belerang, potasium dan bubuk brown di wilayah Tegal. Selanjutnya pelaku membuat mercon dilakukan di rumahnya di wilayah Purbalingga dan dijual di wilayah Purwokerto sesuai dengan pesanan pembeli”, jelas Kasat Reskrim.

Adapun barang bukti yang berhasil dimankan polisi diantaranya 9 (sembilan) karung isi 130 renteng petasan (1 renteng isi 48 petasan gulung) dan 1 (satu) unit kendaraan mobil Suzuki Futura warna merah No. Pol. G-8533-E.

Menurut Kasat Reskrim, setelah mengamankan pelaku dan barang bukti, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan berkoordinasi dengan unit Jibom Satbrimob untuk penanganan lebih lanjut.

“Sebagaimana pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 subs Pasal 187 bis ayat (1) KUHP, pelaku mendapat ancaman pidana 12 tahun penjara”, pungkas Kasat Reskrim. (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.