25 Ribu Lebih Warga Purbalingga Terima Bantuan Sosial Tunai Covid

PURBALINGGA, BanyumasNews.com – Sebanyak 25.408 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Purbalingga mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos. Bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan. Dari jumlah itu sebanyak 22.266 dicairkan melalui Kantor Pos, dan selebihnya melalui rekening penerima.

Kepala Kantor Pos Purbalingga Suryo Adi Nugroho mengatakan, PT Pos Indonesia dipercaya menyalurkan Bansos Tunai. Untuk Kabupaten Purbalingga dalam tahap ini sebanyak 22.266. Bansos Tunai akan disalurkan dalam 10 hari kedepan. Sedangkan penyaluran ke desa-desa PT Pos bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten yang telah diberi daftar data penerima sesuai dari Kementrian Sosial. Data tersebut akan dibagikan ke desa-desa.

“Kami sudah kirim softcopy ke Dinsos yang akan dibagikan lagi softcopynya ke tiap-tiap desa. Berharap pembayaran ini dapat mengikuti protokol penanganan korona dan tepat sasaran serta bermanfaat,” katanya, Senin (11/5).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, penyaluran Bansos Tunai dari Kementrian Sosial, dilakukan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia. Hari ini dilakukan penyaluran oleh PT Pos Indonesia. Setelah Bansos Tunai cair, akan dicairkan pula bantuan-bantuan dari pemerintah pusat lainnya yang dikeluarkan karena adanya pandemi Covid-19. Termasuk bantuan provinsi, kabupaten, dan  bantuan dari Dana Desa. Semua bentuk bantuan yang disalurkan dan telah disiapkan diharapkan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima.

“Setelah ini akan dicairkan bantuan pusat yang lain, perluasan sembako, termasuk bantuan-bantuan dari provinsi, kabupaten dan Dana Desa. Saya berharap bantuan ini bisa bermanfaat dan tepat sasaran, sehingga benar-benar membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.” katanya.

Suwarti (55) salah seorang warga mengungkapkan, pihaknya senang sekali mendapat bantuan uang.  “Kulo nggih seneng banget kalih bapak-kalih ibu, kulo diparingi arto saking ibu-saking bapak, kulo tembe mawon niki tampi bantuan saking bapak-saking ibu,” ungkap Suwarti (55) pedagang peyek warga RT 01/ RW 01 Kelurahan Purbalingga Kulon ketika menerima Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Purbalingga.

Sementara Tri Marwati (32) penerima Bansos Tunai yang sehari-harinya bekerja di PT Boyang mengatakan sangat bersyukur dengan adanya bantuan yang diterima dari Kementrian Sosial. Pasalnya semenjak pandemi korona PT Boyang Industrial, menerapkan kebijakan libur bergantian. “Masuknya dua hari, terus libur dua hari, tentu akan berpengaruh terhadap gaji. Ini kebetulan sekali bantuan ini bisa untuk meringankan biaya hidup.” tutur perempuan satu anak ini.(Tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.