Selama Ramadhan Hingga Lebaran, Bank Indonesia Purwokerto Siapkan Rp 3,3 Triliun

Samsun Hadi – Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto.

PURBALINGGA, BanyumasNews.com – Untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi selama Ramadhan hingga Lebaran 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto, menyiapkan uang tunai hingga Rp 3,3 triliun.

“Jumlah tersebut meningkat sebesar 6,45 persen dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang sebesar Rp 3,1 triliun. Kebutuhan tersebut telah mengantisipasi kebutuhan selama bulan Ramadhan, Idul Fitri, serta kebijakan dan stimulus pemerintah selama periode penanganan dampak pandemi COVID-19,” kata Kepala KPw BI Purwokerto Samsun Hadi, dalam rilisnya, Rabu (6/5).

Terkait dengan partisipasi untuk mencegah perluasan penyebaran COVID-19, lanjut Samsun, BI senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara non-tunai melalui digital banking, mobile banking, uang elektronik, dan QR code pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Samsun menambahkan, seiring dengan adanya kebijakan physical distancing dalam memitigasi penyebaran COVID-19, layanan penukaran uang kepada masyarakat umum yang biasanya disediakan melalui penyediaan penukaran di lokasi umum seperti kas keliling di pasar murah dan layanan penukaran langsung ke masyarakat bersama dengan perbankan, pada tahun ini hanya akan disediakan melalui loket di bank.

“Kantor Perwakilan BI Purwokerto telah berkoordinasi dan meminta perbankan agar dalam memberikan layanan dimaksud menegakkan protokol pencegahan COVID-19. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing,” tambahnya. (Tgr)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.