JAWA, Sepeda Motor Tempo Doeloe

Tempo Doeloe: MOTOR JAWA

Sebelum sepeda motor dari Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki menguasai pasaran di Indonesia, sepeda motor Eropa lebih dahulu mengusai pasar motor di sini. Sebut saja sepeda motor merek Ariel, BMW dan motor merek JAWA.

Motor merek JAWA?

Timbul pertanyaan menggelitik, jangan-jangan motor ini dibuat orang Jawa dan pabriknya pun ada di pulau Jawa? Tunggu dulu guys…

JAWA MOTOR, diproduksi pabrikan yang dirintis di Ceko (Cekoslovakia) tahun 1929. Ini sebenarnya berawal dari pabrikan otomotif Jerman dengan merek WANDERER yang mulai terpuruk karena krisis ekonomi sehingga terancam bangkrut.

Iklan Motor Jawa

Pabrikan otomotif Jerman ini, pada  saat itu, sedang meluncurkan motor buatannya New Wanderer 500 CC yang akhirnya diakuisisi oleh Frantisek Janesec konglomerat Ceko yang merintis sukses karirnya di Kolben Company.

Janesec yang saat itu memiliki cukup uang mengambil alih Wanderer dengan pertimbangan untuk menyaingi penjualan BMW yang saat itu sedang “naik daun”.

Jadilah JAWA jadi merek,  yang adalah singkatan dari JA(nesec) WA(nderer). New Wanderer 500 CC menjadi Jawa 500 CC dan kemudian memproduksi Jawa dengan jenis dan cc yang lain. (Iman Nurtjahjo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.