Dampak PSBB, KAI Batalkan Jadwal 44 KA dari / ke Jakarta

PURWOKERTO, BanyumasNews.com — PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyesuaikan jadwal operasional KA dari dan menuju DKI Jakarta dalam rangka penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Terdapat 44 perjalanan KA dari dan menuju wilayah DKI Jakarta yang dibatalkan perjalanannya mulai 10 April s.d 23 April 2020,” kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, mengutip pernyataan Plt VP Public Relations KAI Joni Martinus, Kamis (9/4/20).

Pembatalan perjalanan KA tersebut menyesuaikan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB yaitu dari pukul 06.00 WIB s.d 18.00 WIB.

Di samping itu, pembatalan juga mempertimbangkan penurunan okupansi dari KA yang sebelumnya dioperasikan. Terdapat 14 perjalanan KA yang masih dijalankan, dimana KA-KA tersebut memiliki jadwal kedatangan dan keberangkatan di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan jam operasi Transportasi Umum yang telah ditetapkan.

Untuk KA yang masih berjalan, PT KAI hanya membuka penjualan tiket sebanyak 50% dari kapasitas tempat duduk. “Hal ini bertujuan untuk menjaga physical distancing antar penumpang di atas kereta,” jelas Supriyanto.

Jumlah kereta api menuju Jakarta yang dibatalkan yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, ada 12 perjalanan KA, yaitu :
1. KA Argo Dwipangga, relasi Solo – Gambir pp
2. KA Gajayana, relasi Malang – Gambir pp
3. KA Senja Utama Solo, relasi Solo – Pasarsenen pp
4. KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo – Pasarsenen pp
5. KA Bengawan, relasi Purwosari – Pasarsenen pp
6. KA Serayu malam, relasi Purwokerto – Kiaracondong – Pasarsenen pp.

Sedangkan sebelumnya, mulai 1 April 2020, sudah dibatalkan 54 perjalanan KA jarak jauh yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto. Total 66 perjalanan KA jarak jauh yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto yang dibatalkan.

KA jarak jauh yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, yang masih operasional sebanyak 19 KA, adalah :
1. KA Serayu pagi, relasi Purwokerto – Kiaracondong – Pasarsenen pp
2. KA Wijayakusuma, relasi Cilacap – Surabaya Gubeng – Ketapang pp
3. KA Bima, relasi Surabaya Gubeng – gambir pp
4. KA Ranggajati, relasi Cirebon – Surabaya Gubeng – Jember pp
5. KA Kahuripan, relasi Blitar – Kiaracondong pp
6. KA Kutojaya Selatan, relasi Kutoarjo – Kiaracondong pp
7. KA Joglosemarkerto, relasi Purwokerto- Semarang – solo pp
8. KA Kamandaka, relasi Purwokerto – Semarang pp

Bagi calon penumpang yang KA-nya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100%. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan ikuti petunjuk selanjutnya. Apabila belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket Stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan KA-nya.

“KAI memohon maaf kepada para penumpang yang perjalanannya tertunda dampak dari pembatalan sejumlah perjalanan KA,” ungkap Supriyanto.

“Perkembangan situasi dan informasi terkait perjalanan KA akan kami sampaikan lebih lanjut. Dan kita berdoa serta berharap semoga kondisi yang menimpa Bangsa Indonesia ini segera berakhir dan semua bisa kembali normal”, pungkas Supriyanto.  (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.