Viral Video Kades Banjaranyar Sokaraja Siap Terima Jenazah Covid-19 yang Ditolak Desa Lain

PURWOKERTO, BanyumasNews.com — Media sosial di Banyumas dikejutkan dengan video yang diunggah di akun Youtube tentang kesiapan Kepala Desa Banjaranyar,  Kecamatan Sokaraja,  Kabupaten Banyumas,  Karseno yang siap menerima jenazah yang meninggal karena virus corona atau Covid-19 untuk dimakamkan di pemakaman yang ada di desanya.

Kesediaan itu dipicu oleh ras kemanusiaan dan keprihatinan adanya penolakan oleh warga di beberapa desa atas pemakaman jenazah positif corona. Seperti diketahui, jenazah Tn O pasien covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa, 31 Maret 2020, di Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto jenazahnya ditolak oleh warga beberapa desa agar tidak dimakamkan di pemakaman desanya.

Bahkan Bupati Banyumas Achmad Husein harus bersitegang dengan sejumlah warga yang menghadang ketika ia ikut mengawal jenazah Tn O warga Purwokerto Lor itu. Warga keberatan karena adanya salah pengertian, dikira jenazah akan menularkan virus.  Dalam video amatir yang beredar melalui grup Whatsapp, Bupati sampai mengatakan dengan keras bahwa dirinya pun berani berdiri di atas peti jenazah. “Virus corona itu adanya di orang yang hidup,  bukan pada orang yang sudah mati”, tegas Bupati.

Prihatin atas penolakan itu Karseno Kepala Desa Banjaranyar Sokaraja berkomitmen siap menerima jenazah covid-19 yang tertolak di daerah lain. Dia siap dibully atas keputusannya itu.

“Saya siap dihujat”, kata Karseno

Video youtube Kades Banjaranyar yang diunggah oleh akun Faidus Sa’ad itu sampai Rabu malam (01/04/20) sudah ditonton oleh lebih dari 2800 viewer.  Video youtube itu juga menyebar ke banyak WAG. (pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.