Menyusul Penolakan Jenazah Covid-19 oleh Warga, Bupati Siapkan Lahan Pemakaman Milik Pemkab

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menyampaikan update ODP, PDP dan pasien meninggal Covid-19 Selasa pagi (31/03/2020)

PURWOKERTO, BanyumasNews.com — Menyusul penolakan warga masyarakat sekitar pemakaman atas rencana pemakaman jenazah Tn O yang meninggal dunia Selasa (31/03/20) pagi karena positif virus corona atau Covid-19, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan akan menyiapkan lahan pemakaman milik Pemkab Banyumas.

Hal itu diharapkan Bupati dalam wawancara khusus dengan BanyumasNews.com via saluran whatsapp Selasa (31/03/2020) malam. Bupati juga menyatakan bahwa perlu sosialisasi ke masyarakat bahwa virus yang ada pada jenazah akan mati begitu jenazah dikubur.  “Jadi virus tidak akan kemana-mana,  ini yang perlu diketahui masyarakat”, kata Bupati.

Bupati mengakui ada penolakan warga di sekitar tiga pemakaman yang disiapkan.  Untuk itu akan dilakukan sosialisasi ke warga masyarakat bahwa pemakaman jenazah covid-19 tidak membahayakan ke warga sekitar.

Sebelumnya di sejumlah WAG beredar broadcast yang menginformasikan adanya keberatan warga atas rencana pemakaman Tn O.  Pada Selasa siang sempat dikabarkan jenazah akan dimakamkan di Kedungwringin,  Kecamatan Patikraja,  dekat pemakaman warga keturunan Tionghoa (bong), namun warga sekitar juga keberatan.

Semula, rencana pemakaman jenazah pasien covid -19 Tn O akan dimakamkan di Pemakaman Umum Kebondalem, tetapi warga masyarakat sekitar makam menolak dengan pertimbangan karena tempatnya di tengah-tengah masyarakat, tempatnya terbatas, dan petugas penggali kubur juga menolak.

Demikian pula informasi dari Lurah Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, dimana almarhum berdomisili selama ini, menyampaikan bahwa warga Teluk juga menolak dimakamkan di  Pemakaman Teluk karena almarhum sesuai KTP buka warga Teluk tetapi warga Kelurahan Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dimana pemakaman jenazah Tn O, namun Bupati mengatakan sudah menyiapkan lahan milik Pemkab.  (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.