Rektor UMP Ingatkan Mahasiswa Belajar di Rumah, Bukan Liburan!

Dr Anjar Nugroho Rektor UMP

Rektor UMP Ingatkan Mahasiswa: Bukan Liburan, Belajar di Rumah

PURWOKERTO, BanyumasNews.com — Tekait imbauan untuk melakukan pembelajaran secara daring, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Anjar Nugroho mengingatkan mahasiswa untuk tetap melakukan proses belajar, bukan liburan.

“Harus diketahui bahwa ini adalah bukan libur tetapi belajar dari rumah, dengan cara daring dengan e-learning dan sebagainya,” katanya, Senin (30/3/2020).

Menurut Rektor, pembelajaran dari rumah dapat dilakukan secara jarak jauh tersebut menggunakan aplikasi “On Class” yang tersedia di www.onclass.ump.ac.id.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi COVID-19. Mulai Senin tanggal 16 Maret lalu, kami mengubah kegiatan belajar mengajar dari kuliah tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh bagi seluruh mahasiswa UMP,” jelasnya.

Materi pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang tersedia. “Silakan teman-teman mahasiswa, maupun Dosen dan tenaga kependidikan lainnya harus menjaga diri untuk tidak banyak berpergian atau berkumpul di tempat-tempat yang berisiko lebih tinggi,” tambah Anjar mengingatkan.

UTS Online

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr Jebul Suroso mengungkapkan, UMP telah menyiapkan system ujian untuk perkuliahan daring.

“Menyusuli surat kami nomor A5.II/ 591 -S.Pb/UMP/III/2020 tanggal 25 Rajab 1441 H / 20 Maret 2020 M tentang UTS Online, dengan ini kami sampaikan bahwa ujian sebagaimana dimaksud dapat diakses melalui link ujianonline.ump.ac.id ,” jelasnya.

Adapun panduan penggunaan aplikasi ujian online UMP yakni dengan Login ke UJIAN ONLINE melalui link ujianonline.ump.ac.id menggunakan akun SIM-DOSEN dengan memasukan NIP dan password.

Untuk mahasiswa, bisa menggunakan dengan cara login ke UJIAN ONLINE melalui link ujianonline.ump.ac.id menggunakan akun SIA/KRS ONLINE dengan memasukan NIM dan password.

Verifikasi data diri. Jika sudah benar, pilih “lanjut” untuk ke halaman jadwal, jika salah maka pilih “bukan saya”.

Halaman info dan ketentuan, pada halaman ini mahasiswa mendapatkan informasi tentang info ujian yang akan diujiakan, jika sudah paham maka pilih “mulai ujian” untuk ke halaman soal dan anda meemulai untuk sesi ujian.

Selanjutnya anda akan diminta untuk menjawab soal yang disediakan, tombol “next” berfungsi untuk melanjutkan menjawab soal berikutnya, tombol “back” berfungsi untuk kembali ke soal sebelumnya, tombol “finish” berfungsi untuk mengakhiri sesi ujian.

Jenis soal “essay” dan jenis pertanyaan “isikan manual” lalau “upload file pdf”.

Perhatikan waktu yang tersisa di pojok kiri, jika waktu habis maka akan otomatis logout dan mengakhiri sesi ujian. Jika sudah selesai silahkan logout aplikasi. (tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.