Cegah Covid-19, Bumdes Galuhtimur Pasang 30 Tong Air untuk Cuci Tangan Warga

Salah satu pegiat Bumdes Maju Berkah Galuhtimur Tonjong Brebes, Sukirman, memperlihatkan tong biru yang dimodifikasi jadi tong air untuk cuci tangan

TONJONG,  BanyumasNews.com — Dalam rangka ikut berkontribusi dalam pencegahan menyebarnya virus corona / covid-19, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Berkah Desa Galuhtimur,  Kecamatan Tonjong,  Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berinisiatif membuat tong air yang dilengkapi dengan kran dan sabun untuk dipakai warga mencuci tangan.

Menurut Nasor, Direktur Bumdes Maju Berkah, inisiatif pembuatan alat cuci tangan ini dalam rangka ikut mencegah penularan virus corona dengan menaruh tong air berkran dan disediakan juga sabun di lokasi-lokasi yang strategis,  untuk memudahkan warga mencuci tangan. Tong ditaruh di ujung-ujung gang dimana warga banyak lewat di situ.

“Untuk tahap pertama kita sebar 30 tong, dengan pembagian ada di tiap RW di desa Galuhtimur”, kata Nasor Sabtu (28/03/20).

Dikatakan Nasor,  tong-tong biru sudah dimodifikasi dengan diberi kran, disertai pesan yang dicat di tong tersebut.  “Tulisannya Cegah Virus Corona, Cuci Tangan Di Sini”, katanya.

Seorang anak mencuci tangan dengan air tong biru yang disediakan Bumdes
Seorang warga mencuci tangan sebelum masuk rumah setelah pulang dari ladang / pekerjaan
Anak-anak mencuci tangan di RW 06 Galuhtimur

Pembuatan kran dan penulisan pesan kampanye cegah corona dilakukan oleh para pegiat Bank Sampah Cahaya Galuh, yakni  ibu-ibu yang menjadi koordinator bank sampah di  lingkungan RT setempat.

Untuk pengisian air,  berkoordinasi dengan RW setempat. Namun dari Bumdes ikut memantau.  Seperti pemantauan yang dilakukan oleh Sukirman,  yang sehari-hari menjadi penarik Tosa untuk mengangkut sampah, ikut mengisi air pada tong biru yang ada di samping gerbang masuk desa Galuhtimur.

Warga sangat senang dengan adanya tong air dan sabun untuk mencuci tangan. Orang dewasa dan anak-anak memanfaatkannya untuk cuci tangan setelah pulang dari ladang, bepergian atau setelah bermain.

“Bumdes bukan hoax,  terima kasih telah menyediakan air dan sabun untuk cuci tangan”, kata Amir warga RT 01/RW 06. (BNC/pad)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.