Danrem 071/WK Ajak Masyarakat Banyumas Kembangkan Olahraga Woodball

BANYUMAS, BanyumasNews.com – Olah raga permainan Woodball nampaknya belum begitu memasyarakat khususnya di Banyumas, Jawa Tengah. Karena itulah Korem 071 Wijayakusuma akan memprakarsai kegiatan olahraga mirip golf ini.

Menurut Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dhani Wardhana, sebenarnya sudah mulai terlihat geliat olah raga ini di Banyumas. Beberapa atlit dari daerah ini beberapa kali mengikuti lomba di tingkat provinsi.

“Sudah ada kegiatan Woodball namun belum ada komunitas yang secara serius mengelolanya. Kita nanti akan inventarisir atlit Woodball dan kita adakan lomba,” ujar Danrem 071 Wijayakusuma disela-sela bermain Woodball bersama para wartawan Banyumas di komplek Makorem 071 Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Jumat pagi, (13/03/2020).

Menurut Dhani Wardhana, olahraga ini cara dan permainannya mirip dengan golf. “Hanya saja golf kan mahal, kalau Woodball lebih murah dan bisa dijangkau masyarakat luas,”( tambahnya.

Peralatan olahraga yang berasal dari negara Taiwan ini harganya cukup murah. Hanya membutuhkan stick dan bola serta anak gawang dari kayu kita bisa memainkan olahraga ini di atas lapangan rumput.

Woodball pertama kali di temukan pada tahun 1990 oleh Mr. Ming-Hui Weng and Mr. Kuang-Chu Young yang berkebangsaan Taiwan. Olahraga ini mereka temukan secara tidak sengaja pada saat mereka mempunyai keinginan untuk membangun sebuah taman yang akan dipersembahkan kepada orang tua mereka, supaya orang tua mereka bisa berjalan-jalan dengan santai sembari menikmati keindahan alam Nei-Shuang-Hsi yang berada di Shih-Lin, Taipei, Taiwan.

Pada kesempatan tersebut, Danrem beserta anggota serta puluhan wartawan menjajal olah raga ini.

Permainan Woodball dimulai dari garis batas mulai (Start area) sampai dengan masuknya bola ke dalam gate dengan cara memukul bola dengan mengunakan mallet. Pada Pukulan pertama bola harus ditempatkan di area start dan menuju ke arah gawang (gate). (nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.