Polresta Banyumas Ungkap Kiriman Narkoba ke Lapas Purwokerto

Polresta Banyumas Ungkap Kiriman Narkoba ke Lapas Purwokerto. Foto: Kapolresta Kompolbespol Whisnu Charaka bersama Ismono Kalapas Purwokerto 

PURWOKERTO, BanyumasNews.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba ke dalam Lapas Kelas II A Purwokerto, yang berada di Jalan Pasukan Tentara Pelajar Imam, Pamijen, Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Narkoba itu berusaha diselundupkan ke dalam Lapas melalui paket pos dan ada yang dibawa oleh pengunjung dengan disamarkan dalam kiriman bahan makanan.

 

Hal itu disampaikan Kombespol Whisnu Charaka, Kapolresta Banyumas, dalam konferensi pers pada Jumat (12/03/20) pagi didampingi Ismono, Kalapas Purwokerto.

Menurut keterangan Kombespol Whisnu Caraka, pada Jum’at tanggal 7 Pebruari 2020 sekitar pukul 16.00 WlB, Lapas Purwokerto menerima paket yang ditujukan untuk KA (26 Th), napi Lapas kelas IIA Purwokerto, asal Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, berisi 1 (satu) kotak kardus paket yang berisi 2 (dua) bungkus energen rasa vanilla berisi serbuk putih diduga sabu berat bruto 42,73 gr; 5 (lima) bungkus camilan “gajah umbaran”; 2 (dua) bungkus kripik singkong  rasa balado; 2 (dua) bungkus roti sisir special “Erlie”; 4 (empat) bungkus mie Sedap rebus rasa kari special yang sudah dibuka; 2 (dua) bungkus tepung energen rasa vanilla berikut pembungkusnya.

 

“Tersangka menerima paketan makanan dari Madura, namun di dalam bungkus energen terdapat serbuk putih yang diduga sabu”, kata Kapolres.

Dijelasakan oleh Kapolres, kronologi penggagalan masuknya narkoba ke Lapas bermula ketika pada Senin 3 Februari 2020 Tim Sat Resnarkoba Polresta Banyumas mendapatkan informasi adanya paket sabu yang masuk ke dalam lapas kelas IIA Purwokerto, kemudian menginformasikan kepada KPLP Purwokerto dan bekerjasama untuk mengungkap masuknya sabu tersebut. Selanjutnya didapat informasi bahwa akan masuk lagi paketan sabu dari Jawa Timur.

Pada hari Jum’at 7 Februari 2020 ada paket yang dicurigai berisi narkoba dikirim ke Lapas dengan penerima tertulis Muhammad  Ridwan. Kemudian paket tersebut dibuka Muhammad Ridwan disaksikan para sipir Lapas, dan ternyata benar di dalam 2 bungkus energen rasa vanilla berisi serbuk putih diduga sabu. “Atas kejadian tersebut kemudian dilakukan penyelidikan dengan cara interogasi kepada beberapa napi, sipir dan pegawai kantor pos, dan semua saksi sipir mengatakan bahwa paket sabu tersebut sebenamya adalah untuk napi KA. Walaupun penerima tertera Muhammad Ridwan”, katanya.

Berdasarkan hasil penyelidikan itu, mulai Senin 10 Februari 2020 dilakukan Penyidikan terhadap perkara tersebut, dengan sangkaan melanggar Pasal 114 ayat (2) subsidair pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Kasus lainnya adalah pada Jumat, 28 Februari 2020 sekitar pukul 00.30 WIB, dilakukan penggeledahan di depan kamar 10 Lapas kelas II A Purwokerto terhadap RD alias KAMPLENG (31 Th). napi asal Cilongok Banyumas, dan OF alias HIDUNG (22 Th), napi asal Purwokerto Barat, yang didapati 3 (tiga) bungkus plastik transparan berisi serbuk putih diduga sabu berat bruto 1,22 gr; 1 (satu) unit HP merk OPPO wama putih silver, dan 1 (satu) potong celana pendek warna hitam bertuliskan EXTREME;  1 (satu) perangkat bong yang terdiri dari 1 botol dan 2 batang sedotan wama putih.

“Mereka memiliki, menyimpan, dan menguasai narkotika jenis sabu yang pengakuannya untuk digunakan bersama-sama”, lanjut Kapolres.

Dikatakan oleh Kapolres, pada Jumat 28 Februari 2020 itu juga, sekitar pukul 00.30 WIB telah ditemukan 3 paket plastik yang berisi serbuk putih diduga sabu di dalam saku celana napi atas nama DF. Selanjutnya dilakukan interogasi dan penggeledahan di kamar 10 Iapas kls II A Purwokerto yaitu di kamar napi atas nama RD dan ditemukan 1 buah HP dan seperangkat alat hisab sabu atau bong.

“Barang bukti diamankan di kantor Sat Resnarkoba Polresta Banyumas guna pemeriksaan lebih lanjut”, tambahnya.

Kepada tersangka akan dikenakan pasal 114 ayat (1) subsidair 112 ayat (1) jo pasal 132 UU RI No35 tahun 2009 tentang Narkika. (nan/pad)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.