Buruan Daftar Angkutan Motor Gratis KAI Lebaran 2020

Tingkatkan Keselamatan, KAI Dukung Angkutan Motis 2020
BanyumasNews.com – Untuk mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya pada saat Angkutan Lebaran 2020, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis) 2020. Kegiatan ini diselenggarakan mulai 16 – 22 Mei 2020 untuk arus mudik dan mulai 27 Mei – 1 Juni 2020 untuk arus balik.
“KAI mendukung penuh program Angkutan Motor Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan ini. Mudik dengan menggunakan kereta api tentu lebih aman dan nyaman jika dibandingkan dengan menggunakan motor untuk menempuh perjalanan jauh dimana hal tersebut juga sangat membahayakan,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam siaran pers yang diterima BanyumasNews.com.
Kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.472 unit sepeda motor atau total 19.136 unit selama 13 hari pelaksanaan. Kapasitas tersebut naik 5,7% dari kegiatan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 18.096 unit.
Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2020 seperti pada Tabel Daftar Lintas KA Motis 2020 ini :
1. Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi.
Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi.
2. Lintas Selatan 1: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo.
Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo.
3. Lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi.
Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi.
Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftarkan diri Online atau Offline dengan detial sebagai berkut::
Online di situs mudikgratis.dephub.go.id mulai tanggal 26 Februari – 14 Mei 2020.
Offline dengan fasilitas pembelian tiket KA (selama kuota masih tersedia), mulai 26 Februari – 28 April 2020 di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong
16 Maret – 28 April 2020 di Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Mojokerto, Madiun, Purwosari, dan Lempuyangan.
Tanpa fasilitas pembelian tiket KA
29 April – 31 Mei 2020, di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong
16 Mei -31 Mei 2020 di semua stasiun persinggahan Motis.
Syarat dan ketentuan terkait pendaftaran Angkutan Motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id, menghubungi Contact Center Kemenhub di 151, atau instagram @ditjenperkeretaapian dan @motis2020.
KAI menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi para pendaftar Angkutan Motis yang tersebar pada 24 nama Kereta Api. Jumlah tersebut naik 7,6% dari 2019 yaitu sebanyak 58.088 tempat duduk.
“KAI menyediakan kuota khusus tiket di berbagai KA untuk mendukung penuh program pemerintah ini. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2020 ini,” tutup Edi. (nan/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.