40.000 Benih Ikan Baung Ditebar di Reservaat Serayu

Dinkannak Tebar 40.000 ekor Benih Ikan Baung di Reservaat Serayu

BanyumasNews.com –¬†Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas menebar
40.000 ekor benih ikan Baung di Daerah Suaka Ikan (Reservaat) Serayu Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas Jumat (25/10/2019). Benih tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Plt Kepala Dinkannak Kabupaten Banyumas Didi Rudwianto mengatakan ikan baung merupakan salah satu ikan asli sungai Serayu, dikenal dengan nama lokal ikan Baceman. Menurutnya kegiatan penebaran ikan budidaya di perairan umum dilakukan dalam rangka mengatasi penurunan hasil tangkapan ikan serta merupakan salah satu upaya pelestarian untuk mencegah penurunan populasi ikan asli.

“Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong kelestarian sumber daya alam perairan yang selaras dengan Tiga Pilar Pembangunan Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesejahteraan. Untuk mendukung keberlanjutan, salah satu uapaya yang dilakukan adalah melakukan penebaran kembali (restocking) ikan khususnya ikan lokal yang saat ini telah mengalami penurunan populasi di beberapa lokasi,” kata Didi.

Didi menambahkan dari sisi Dinkannak kegiatan bertujuan sebagai upaya peningkatan produksi/hasil tangkapan ikan di perairan umum darat disertai dengan upaya pelestarian sumber hayati perairan, diantaranya melalui penebaran kembali (restocking) ikan, dan sosialisasi/pembinaan pengelolaan perairan umum.

Sementara itu Kabid Perikanan, Irma Sufitri mengatakan pada tahun 2017 telah ditetapkan Daerah Suaka Ikan (Reservaat) Serayu di wilayah Desa Tambaknegara. Setiap tahun Dinkannak Kabupaten Banyumas bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah dan BBPBAT Sukabumi melakukan restocking di Sungai Serayu.

“Pada Tahun 2019 telah dilaksanakan penebaran benih ikan di Sungai Serayu dengan jumlah total 500.000 ekor,” katanya.

Irma menabahkan potensi Serayu dengan luas perairan sungai di Kabupaten Banyumas mencapai 320 Ha, dengan hasil tangkapan ikan 34% s.d. 35% dari total hasil tangkapan perairan umum di Kabupaten Banyumas.

“Beberapa jenis ikan sungai Serayu yang dikenal masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis penting adalah ikan Brek, ikan Baung (baceman), udang galah, ikan Nila, ikan Nilem, ikan Tawes, ikan Sidat,” jelasnya. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.