Ingin Koleksi Golok, Pisau, Keris atau Samurai? Datang ke Nangkod

Bupati Purbalingga Tiwi memperhatikan hasil karya pande besi Nangkod

BanyumasNews.com  –  Perajin pande besi desa Nangkod, Purbalingga, mendapat perhatiam Bupati Purbalingga. Ia menyempatkan kunjungan usai menyerahkan bantuan Rehab Rumah Tidak layak Huni (RTLH) yang bersumber dari dana Kementerian Sosial.

Dedi Kurnianto atau lebih dikenal sebagai Dedi Onad “Knives From Nangkod”, pun menyampaikan curhat. Dalam mengembangkan usaha pembuatan kerajinan dari logam ini, dirinya merasa kesulitan merekrut pekerja. “Karena sangat jarang anak muda yang tertarik pada pekerjaan pande besi”, katanya yang memulai usaha sejak setahun lalu.

Ia memfokuskan usaha pada pembuatan berbagai jenis senjata tajam, baik untuk seni maupun untuk keperluan sehari-hari. Seperti golok, pisau, keris, bahkan pedang ala samurai juga menjadi koleksi yang banyak diminati pembeli.

“Pemasaranya kebanyakan melalui online,” katanya.

Dikatakan Bupati, saat ini Pemkab Purbalingga tengah mendorong pemerintah desa untuk memberikan perhatian kepada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa. Selain untuk mensejahterakan masyarakat, Bumdes juga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan pendapatan asli desa melalui berbagai unit usaha yang dikelola.

Untuk usaha kerajinan logam yang dikelola Dedi Onad, Bupati juga akan menurunkan tim Dinkop UKM untuk melakukan pendampingan dan pembinaan usaha termasuk pemasarannya.

“Kalau bisa coba diberdayakan warga sekitar untuk dapat membantu usaha kerajinan ini. Sehingga nantinya usaha ini dapat semakin berkembang,” katanya. (BNC/Hr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.