Strategi Lolos SNMPTN

Registrasi SNMPTN

Lolos SNMPTN menjadi idaman banyak siswa SMA. Bagaimana strategi lolos SNMPTN? Baca tips di bawah ini.

“Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia”, ujar Koordinator Sistem Informasi Unsoed Alief Einstein.

Menurut Einstein, SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. Informasi resmi SNMPTN 2019 lanjut einstein dapat diunduh melalui laman  http://www.snmptn.ac.id.

“Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)”, ungkap Einstein.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN menurut Einstein dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019, terangnya.

Tujuan SNMPTN ungkap Einstein adalah pertama, memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kedua, memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

92.331 Siswa Lulus SNMPTN 2019

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 92.331 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019. Menristekdikti menjelaskan, dari jumlah siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, 26.217 diantaranya merupakan siswa dari peserta beasiswa Bidikmisi.

“Dari 478.608 pendaftar SNMPTN di tahun 2019 yang diterima 92.331 siswa pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia dengan persentase 19,29 %,” ucapnya dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan.

Registrasi SNMPTN di Unsoed

Calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 memasuki tahap Registrasi/Verifikasi Fisik dan Berkas, setelah sebelumnya melaksanakan Registrasi Online pada 13 Mei 2019 sampai dengan 17 Mei 2019. Tahap verifikasi fisik dan berkas bertempat di Sub Bagian Registrasi dan Statistik di Gedung Auditorium UNSOED, Senin (20 Mei 2019). Registrasi fisik ini diikuti sebanyak 776 mahasiswa yang sebelumnya telah melakukan registrasi online.

Dalam proses registrasi ini mahasiswa datang sendiri untuk menunjukkan dan menyerahkan bukti-bukti fisik yang menguatkan proses registrasi sebelumnya secara online.  Proses registrasi fisik sendiri berjalan lancar.  Para mahasiswa diberikan pengarahan secara langsung oleh Kepala Bagian Akademik Unsoed Kusja,S.IP, terkait sistem pembelajaran yang diterapkan di UNSOED serta hak dan kewajiban bagi mahasiswa. Selain itu, penjelasan tentang bidikmisi juga diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi.

Seusai proses registrasi online dan verifikasi fisik dan berkas, mahasiswa baru akan mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 13 Agustus 2019 di Auditorium Graha Widyatama. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kemahasiswaan, PKKM dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

Strategi Lolos SNMPTN

Zilnie Khoerul Bariyyah (usia 18 tahun, lahir di Purbalingga, 12 Mei 2001), siswa SMAN 2 Purwokerto menjadi satu dari 92.331 peserta yang lolos SNMPTN tahun 2019ini. Zilnie, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa dirinya diterima di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah. Alasan Zilnie memilih Akuntansi, di antaranya suka mata pelajaran yang ada teori dan menghitung. Kebetulan juga nilai matematika dan ekonomi paling mendukung dibandingkan nilai mata pelajaran lain.

Menurut Zilnie masuk universitas melalui jalur SNMPTN itu “keren”, karena tidak semua orang bisa. Zilnie sangat bersyukur dan merasa senang karena apa yang saya cita citakan jadi impiannya tercapai, karena ingin membuat orang tuanya bangga.Mengingat perjuangan dan pengorbanan orangtua untuk Zilnie dan satu satunya cara untuk membalas kebaikan orangtua hanya ada satu cara, yaitu mendapatkan nilai yang bagus di SMA.

Persiapan Zilnie lolos SNMPTN dimulai di SMA saat guru “Bimbingan Konseling” (BK)menjelaskan bagaimana cara agar bisa lolos SNMPTN dan rekam jejak SMA. Guru mata pelajaran dan wali kelas pun sering mengingatkan untuk mendapatkan nilai yang bagus agar bisa lolos SNMPTN.  Strategi selanjutnya saat guru di depan kelas sedang menjelaskan diperhatikan Zilnie dengan baik dan Zilnie usahakan untuk bisa mencatat semua materi penting dan bagi Zilnie tidak masalah jika hasil tulisan Zilnie kurang rapih. Sesampai rumah segera Zilnie tulisan tersebut disalin ulang sehingga menarik untuk dibaca.

Kemudian Zilnie berusaha memahami setiap materi yang diberikan guru, jadi saat mau UTS/UAS Zilnie belajar tidak dari 0 (awal), cukup mengingat saja.

Prestasi Zilnie selama di SMAN 2 Purwokerto yang sudah dicapai selama limasemester yaitu mendapat peringkat 3 (tiga) besar.

Karena Zilnie anak “kos” (catatan : orang tua Zilnie tinggal di Desa Bajong, RT 02 RW02, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga), Zilnie sempatkan diri untuk pergi ke toko swalayan untuk membeli kebutuhan Zilnie. Zilnie juga membeli makanan dan minuman yang Zilnie sukai untuk menemani Zilnie belajar. Sesekali Zilnie belajar di rumah makan, agar tidak jenuh belajar di kamar.

Terkadang juga Zilnie pergi ke perpustakaan daerah. Selain itu Zilnie belajar di rumah teman saat belajar kelompok.Beberapa hari sebelum UTS/UAS/UH teman teman mengajak belajar bersama. Disitu teman teman bertanya bagaimana cara mengerjakan soal tersebut. Untuk bisa menjawab pertanyaan teman, Zilnie harus terlebih dahulu menguasai materi tersebut. Saat Zilnie menjelaskan ke teman – teman rasanya Zilnie semakin memahami materi tersebut sekaligus melatih Zilnie berkomunikasi dengan orang lain. Zilnie memberi waktu diri Zilnie untuk bermain sosial media dan game juga. Tapi perlu Zilnie kasih waktu agar tidak keterusan. (BNC/AE)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.