Pramuka Peduli Banyumas Bantu Evakuasi Orang Tenggelam

Pramuka Peduli Banyumas Bantu Evakuasi Orang Tenggelam

BanyumasNews.com –¬†Pramuka peduli kwartir cabang Banyumas bersama Tim SAR berhasil menemukan korban tenggelam, Kamis (23/5/2019) di Saluran Irigasi Desa Karangjati, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Korban diketahui bernama Parsini (26 th) alamat Grumbul Tempelang, Desa Petarangan RT 01 RW 02, Kecamatan Kemranjen.

Andalan cabang urusan Pramuka Peduli Heriana Ady Candra mengatakan, Kamis pagi sekitar pukul 06.30 WIB korban mengantarkan ibunya ke sawah yang jaraknya 3 km dari rumahnya.
Parsini pulang ke rumah melalui jalan inspeksi saluran irigasi Bendung Gerak Serayu.

“Parsini kurang mahir membawa kendaraan, ketika melalui jalan tersebut karena jalan bergelombang, laju motor tidak dapat di kendalikan. Akhirnya Parsini tercebur dengan motornya ke saluran irigasi tersebut dengan kedalaman 3 – 4 meter,” katanya.

Dua orang warga yang sedang melintas, melihat Parsini meminta tolong, karena tidak dapat berrenang, dua orang tersebut meminta tolong ke Poniman (Purnawirawan TNI) alamat Desa Karangjati RT 01 RW 01 Kemranjen. Ketika Poniman sampai ke lokasi, Parsini sudah tidak kelihatan, langsung minta bantuan pertolongan ke berbagai pihak.

Polsek dan Koramil Kemranjen mendatangi TKP dan mendata korban kemudian meminta bantuan ke Tim SAR. Tim SAR yang terdiri dari BASARNAS Pos SAR Cilacap, Serayu Rescue, PMI, TAGANA, Pramuka Peduli, Banser dan Cilacap Rescue langsung turun melakukan pencarian dengan masuk ke saluran irigasi. Pencarian dilakukan dari titik tenggelam sampai ke pintu air irigasi sejauh 200 meter. Sampai dengan pukul 11.50 WIB korban belum ditemukan.

“Pukul 12.00 WIB korban ditemukan di saluran irigasi Desa Kecila dalam posisi mengambang lebih kurang 3 Km dari titik tenggelam. Korban kemudian dievakuasi ke Puskesmas I Kemranjen,” jelas Ady Candra.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Puskesmas dan Polsek Kemranjen, tidak ditemukan tanda penganiayaan. Korban murni meninggal karena tenggelam. Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan. (BNC/Prs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.