Dana Desa Dukung Desa Mandiri Kesehatan

Pelatihan Forum Kesehatan Desa Purbalingga

Pemanfaatan Dana Desa untuk mendukung Desa Mandiri Kesehatan

BanyumasNews.com – Dana Desa (DD) yang selama ini lebih difokuskan untuk kegiatan fisik, ke depan diharapkan dapat mendukung program Desa Mandiri Kesehatan (DMK). Pembangunan bidang kesehatan harus menjadi prioritas dikarenakan pelayanan bidang kesehatan merupakan hak azasi manusia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikanto, lahirnya UU nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan peluang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pembangunan desa adalah pembangunan bidang kesehatan secara menyeluruh dimasyarakat.

“Kesehatan menjadi faktor penting dalam upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Purbalingga. Pemanfaatan dana desa menjadi solusi dalam upaya meningkatkan kesehatan bersumber daya masyarakat, dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat,” katanya saat kegiatan peningkatan kapasitas forum kesehatan desa/kelurahan (FKD/FKK) di Purbasari Pancuran Mas, Rabu (24/4/2019).

Ke depan, lanjut Hanung, pemerintah desa (Pemdes) dapat menganggarkan dana desa untuk mengatasi permasalahan kesehatan di masyarakat, karena selama ini dana desa belum menyentuh FKD/FKK yang telah dibentuk kepengurusannya. Kemudian Pemdes bisa menyusun dokumen pemanfaat dana desa yang disesuaikan dengan usulan kegiatan dari FKD/FKK.

“Dana kesehatan yang dari dana desa bisa digunakan untuk mengelola Pos Bindu (Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular) di tiap-tiap desa. Bisa digunakan untuk kegitan peningkatan kapasitas FKD/FKK. Atau bisa digunakan untuk sosialisasi terkait dengan kesehatan ibu hamil, kesehatan lansia dan sebaginya,” katanya.

Staf Bidang Promosi Kesehatan pada Dinkes Purbalingga, Heri mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas FKD diikuti oleh 239 desa dimana tiap desa mengirimkan Kepala Desa, BPD dan FKD. Kegiatan berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 22-25 April. Kegiatan dilaksankan dengan membawa narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Purbalingga.

“Selain penguatan materi terkait pemanfaat dana desa untuk membangun kesehatan mamsyarakat desa, dalam kegiatan itu juga diadakan outbond untuk para peserta. Tujuannya adalah untuk mempererat rasa kesetiakawanan antar FKD, Kepala Desa dan BPD se Purbalingga,” katanya. (BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.