Final Duta Genre Banyumas Digelar di Pendopo Sipanji

Final Duta Genre Banyumas Digelar di Pendopo Sipanji 24 April 2019

BanyumasNews.com – Grand final pemilihan duta generasi berencana (Genre) 2019 digelar pada Rabu 24 April 2019. Acara ini dihelat Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas. Proses pemilihan duta mode sudah diawali dengan test tertulis dan wawancara, dan puncak pemilihan duta genre Kabupaten Banyumas akan digelar Rabu (24/4/2019) di Pendopo Sipanji Purwokerto, mulai jam 8 sampai jam 4 sore diikuti 70 peserta.

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Diah Pancasilaningrum Selasa (23/4), mengatakan pemilihan Duta Genre ini bertujuan mewujudkan generasi berencana (Genre) dan terhindar dari Triad KRR atau tiga yang menyangkut Kesehatan Reproduksi Remaja yakni seks bebas, narkoba dan terjangkitnya HIV/AIDS.

“Peserta semula berjumlah 84 anak, tetapi yang masuk grand final sebanyak 70 peserta,” katanya.

Titi Cahyani Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga mengatakan pemilihan duta genre untuk tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya ada dua jalur, yaitu jalur pendidikan dan jalur masyarakat tetapi tahun ini digabungkan hanya Duta Genre Banyumas. Menurutnya peserta telah mengikuti serangkaian kegiatan yaitu test tertulis dan wawancara yang dilaksanakan Kamis (20-21/4) dikantor DPPKBP3A.

“Persyaratan peserta adalah pelajar/mahasiswa dan remaja berusia 16-22 tahun, belum menikah, menguasai materi substansi Genre, berpenampilan terbaik, sehat jasmani dan rohani, memiliki kemampuan komunikasi yang baik,” katanya.

Titi menambahkan pemilihan duta Genre akan dipilih 5 duta putra dan 5 duta putri, duta terbaik 1 akan mewakili Banyumas pada kegiatan yang sama ditingkat provinsi sekitar bulan Agustus mendatang.

“Untuk Juri yang akan menilai dari berbagai keahlian antara lain dari PKBI, IPeKB, Psikolog, juri bahasa Inggris dan juri bakat badan minat,” katanya. (BNC/prs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.