Abdul Mu’ti: UMP Besar di Lokasi Sulit Dijangkau itu Membanggakan

Pengajian tausyiah Milad UMP ke 54

BanyumasNews.com – Sederet prestasi diraih Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Miladnya yang ke 54. Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Dr H Abdul Mu’ti Med dalam tausiyah milad mengucapkan rasa syukur dan selamat kepada UMP.

“Selamat dan sukses atas milad UM Purwokerto yang ke 54. Makin tinggi angka ulang tahunnya itu makin bagus, karena tidak ada UMP kalau tidak ada IKIP Muhammadiyah Purwokerto,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abdul Mu’ti mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh UMP ini. “Tidak mudah, bahkan perguruan tinggi yang secara georgafis susah dijangkau. Namun ditempat inilah ada sebuah perguruan tinggi Muhammadiyah Purwokerto yang sangat membanggakan,” pungkasnya.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada Jum’at (5/4/2019) ini, bertepatan tanggal 29 Rajab 1440 Hijriyah, melaksanakan Milad ke 54 dengan menggelar Pengajian Tasyakuran menghadirkan Sekertaris Umum PP Muhammadiyah Dr H Abdul Mu’ti M Ed bertajuk ‘54 Tahun Menyemai Kebersamaan Mengawal Peradaban’ di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP.

Selain tausiyah acara juga dilaksanakan dengan penyerahan bantuan biaya pendidikan (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi), penyerahan penghargaan 20 – 30 tahun kesetiaan pengabdian kepada pegawai tetap, dan penyerahan penghargaan pemenang dosen dan tenaga pendidik berprestasi tahun 2019/2019.

Acara Pengajian Tasyakuran Milad UMP ke 54 dihadiri oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, Pimpinan Daerah Aisiyah Banyumas, Pimpinan Cabang Muhammadiyah, serta Organisasi Otonom Muhammadiyah di Banyumas.

Rektor baru UMP Dr Anjar Nugroho dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas milad ke 54 UMP, menurutnya usia 54 itu termasuk usia yang cukup senior dilingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia.

“Dalam catatan saya, yang paling tua itu UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta), pada tahun ini milad yang ke 64, kemudian UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) pada tahun ini milad 61, perlu diketahui bahwa UMJ itu yang mendirikan UMS, dan UMP itu yang mendirikan UMS, berarti kita ini adalah cucunya UMJ,” urainya.

Menurutnya berapapun usianya UMP ini sudah cukup besar, sudah cukup lama dan patut bersyukur karena kalau melihat jumlah PTM di Indonesia ada 174. UMP rangking yang ke 6, di tingkat nasional berdararkan Unirank, UMP dari 5.406 berada di rengking 40.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMP Prof Dr H Baedhowi mengungkapkan perkembangan UMP yang cukup pesat terutama akhir-akhir ini sudah mempunyai sebuah perstasi yang sangat bagus. Dari PTM di Seluruh Indonesia UMP sudah masuk di peringkat 6. Dan dari perguruan tinggi se Indonesia UMP di peringkat ke 40.

“Jadi ini merupakan suatu prestasi yang sangat bagus yang telah diukir oleh rektor sebelumnya Almarhum Dr H Syamsuhadi Irsyad. Saya juga belajar dari beliau dalam memimpin UMP dengan suasana yang sejuk, yang nyaman sehingga bisa memberikan semangat kepada semua jajarannya sehingga bisa memperoleh prestasi yang sangat gemilang seperti saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof Dr H Baedhowi berharap kepada Rektor baru UMP Dr Anjar Nugroho untuk melanjutkan dan terus meningkatkan prestasi yang ada.

“Dari pelajaran yang saya ambil dari Bapak Syam. Bahwa ketika ada berbagai kegiatan yang ada di UMP ini beliau itu selalu mengedepankan bekerjasama, dan bekerja bersama-sama, itulah indahnya kebersamaan. Sehingga bisa mewujudkan UMP ini yang lebih baik lagi,” ungkapnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.