Zafa Wakil Banyumas Maju Lomba Bercerita Tingkat Propinsi

Zafa Wakili Banyumas Maju Lomba Bercerita Tingkat Propinsi

BanyumasNews.com – Febia Zafarani Ajmal Putri yang biasa dipanggil Zafa akan mewakili Banyumas pada lomba bercerita tingkat Propinsi Jawa Tengah tanggal 8 April mendatang. Siswa Kelas V SD Negeri Kalisari Kecamatan Cilongok ini terpilih setelah memenangkan lomba bercerita di tingkat Kabupaten Banyumas beberapa waktu lalu yang dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas.

Saat lomba Zafa membawakan cerita tentang Roro Jongrang, kisah terjadinya Candi Prambanan.

Kepala Sekolah SDN Kalisari Sri Puji Handayani, S.Pd mengatakan Zafa merupakan anak yang multi talenta. Meski banyak organisasi sekolah yang diikuti seperti Pramuka, OSIS dan marching band, Zafa meraih berbagai kejuaraan akademik maupun non akademik. Terkait dengan lomba bercerita selama ini Zafa dibimbing oleh gurunya Surya Daryati S.Pd setelah selesai pelajaran sekolah.

“Alhamdulillah Zafa menjadi yang terbaik dari 14 peserta lomba bercerita tingkat kabupaten, sehingga berhak mewakili Banyumas pada lomba tingkat Propinsi,” katanya.

Puji menambahkan keikutsertaan Febia Zafarani Ajmal Putri untuk mengikuti Lomba Bercerita Tingkat Propinsi ini diharapkan dapat memotivasi temanya untuk meningkatkan minat baca. Menurutnya selain melestarikan tradisi komunikasi, bercerita juga dapat membangun dan mengembangkan kepribadian sekaligus melatih dalam memperkaya bahasa.

“Dan yang tidak kalah penting, yakni membangun karakter kompetitif bagi anak, mereka sudah berani berekspresi, mendeskripsikan bahkan berinotasi dan dengan bahasa tubuh dalam memyampaikan gaya bercerita,” katanya.

Febia Zafarani Ajmal Putri kelahiran Banyumas 8 Februari, anak pasangan Sutriono dan Triami, bertempat tinggal di Desa Kalisari RT 04 RW 02 Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Zafa bercita-cita menjadi dokter dan mempunyai hobi membaca. Siswa Kelas V SD Negeri Kalisari ini mengaku pernah membaca buku diantaranya Kumpulan Cerita Rakyat Banyumas, Aji Saka, Jaka Tarub, Kumpulan Dongeng Nusantara, Kumpulan Kisah-kisah Nabi, berkreasi dengan barang bekas dan lainnya.

Berbagai prestasi yang pernah diraih antara lain Juara 1 Cipta dan Baca Puisi Tingkat Kabupaten Tahun 2018, Juara 2 Duta Sanitasi Tingkat Kecamatan Tahuhn 2018, Juara 3 Cerita Islami Tingkat Kabupaten Tahun 2018, Juara 1 mendongeng Tingkat Kecamatan Tahun 2018, Juara 1 OSN Tingkat Kecamatan Tahun 2019 dan Juara 1 LCCU Tingkat Kecamatan Tahun 2019. Menurut Puji saat ini Zafa juga sedang mengikuti lomba siswa berprestasi dan masuk final dengan nilai urutan teratas.

“Pada lomba tingkat Propinsi tentu kami ingin menjadi Juara peratama,” pungkas Puji. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.