Warga Desa Rajawana Pasang Bronjong Atasi Banjir Susulan

Antisipasi Banjir Susulan, Warga Desa Rajawana Pasang Bronjong

BanyumasNews.com – Pasca terjadinya banjir yang merendam beberapa rumah di Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, pada Jumat (22/3/2019) lalu, warga desa setempat bergotong royong memasang bronjong di Sungai Kahuripan, Rabu (27/3/2019). Pemasangan bronjong ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan di Desa Rajawana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga dalam hal ini memfasilitasi bronjong sebanyak 50 lembar. Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Purbalingga, Mukhsoni mengatakan bronjong ini akan dipasang dipinggiran Sungai Kahuripuan sepanjang 20 meter dan tinggi 2,5 meter.

“Pemasangan bronjong ini untuk mengantisipasi erosi tebing Sungai Kahuripan,” kata Mukhsoni saat dihubungi, Rabu (27/3).

Ia berharap dengan pemasangan bronjong di Sungai Kahuripan ketika banjir datang, air tidak masuk ke pemukiman warga. Selain itu juga tebing sungai tidak terkikis ketika debit air di Sungai Kahuripan meningkat.

“Kalau banjir, air tidak melintas lagi dan tebing sungai tidak terkikis,” ujarnya.

Selain pemasangan bronjong di tepian Sungai Kahuripan, BPBD Purbalingga juga memberikan bantuan logistic kepada lima Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir. Kemudian BPBD Purbalingga beserta unsure TNI, Polri, relawan, kecamatan dan masyarakat membersihkan rumah-rumah warga yang terkena banjir selama tiga hari (23-25/3).

“Semua unsure ikut membantu membersihkan rumah-rumah warga dan lingkungan sekitar dengan kekuatan personil hari pertama 258 orang, hari kedua 112 orang dan hari ketiga 117 orang,” imbuh Mukhsoni.

Saat ini, ia menjelaskan kondisi lingkungan terdampak banjir akibat luapan Sungai Kahuripan yang melanda Desa Rajawana dan Desa Tajug sudah kembali normal. Dan untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, BPBD Purbalingga beserta masyarakat sekitar bergotong royong memasang bronjong.

“Tinggal memasang bronjong untuk mengamankan tebing dan mencegah luapan air manakala hujan lebat,” pungkasnya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.