Ikut Pemilihan Duta Bahasa 2019 Yuk!

Ir. Prayitno

Balai Bahasa Jawa Tengah Buka Pemilihan Duta Bahasa 2019

BanyumasNews.com – Balai Bahasa Jawa Tengah membuka pemilihan Duta Bahasa Tingkat Tengah 2019. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan minat generasi muda untuk berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Kedua mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa Jawa dan berbahasa asing secara proposional.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga, Ir. Prayitno saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/3/2019). Selain itu duta bahasa juga menjadi duta pemasyarakatan Bahasa Indonesia yang nantinya menjadi teladan dan melestarikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah di Jawa Tengah.

“Pembukaan dimulai 11 Maret sampai 25 Mei 2019, pemilihan duta bahasa terbuka untuk umum untuk WNI yang berdomisili di Jawa Tengah dengan usia 18-25 tahun. Berkepribadian baik, pendidikan minimal SMA sederajat, berpenampilan menarik dengan tinggi badan 160 cm untuk putra dan 155 cm untuk putri,” katanya.

Cara pendaftaran menurut Prayitno bisa dilihat di tautan bit.ly/dubasjateng2019 dengan melampirkan proposal kegiatan kebahasaan, salinan ijasah terakhir, salinan uji kemahiran Berbahasa Indonesia, salinan kartu tanda penduduk dan pas foto berwarna seluruh dan setengah badan. Berkas diterima paling lambat 25 Mei 2019. Informasi lebih lanjut bisa lilihat di laman balaibahasajateng.kemendikbud.go.id.

“Ada 4 kriteria penilaian yakni bahasa dak pengetahuan 35 persen, proposal kebahasaan dan kesastraan 30 persen. Penampilan dan kepribadian 25 persen serta bakat dan minat sebesar 10 persen,” katanya.

Pemenang akan mendapatkan uang pembinaan untuk pemenang pertama sebesar Rp 5 juta, pemenang kedua sebesar Rp 4 juta. Pemenang ketiga sebesar Rp 3 juta dan Pemenang Favorit untuk putra-putri masing-masing sebesar Rp 2 juta. Pemenang pertama memperoleh kesempatan untuk mengikuti pemilihan duta bahasa tingkat nasional 2019. (BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.