184 Kades Purbalingga Dilantik

184 Kades Dilantik Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi

BanyumasNews.com – 184 Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades serentak Desember 2018 lalu dilantik oleh Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi). Sumpah jabatan dan pelantikan tersebut dilakukan pada Rabu (13/3/2019) di alun-alun Purbalingga, yang dihadiri pula oleh Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Purbalingga.

Turut menjadi penggembira anggota keluarga Kades terpilih, tim suskes dan warga masyarakat sehingga menimbulkan kemacetan di jalan-jalan protokol sekitar alun-alun Purbalingga.

Pelantikan Kades se Purbalingga Rabu (13/3/2019)

Dalam sambutannya, Tiwi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan terlaksananya Pilkades serentak dengan lancar. Apresiasi terutama ditujukan kepada panitia pelaksana dan pihak keamanan yang telah mengawal Pilkades serentak. Sukses secara yuridis, partisipatif, teknis dan sosiologis tidak akan tercapai tanpa kerjasama semua pihak yang terlibat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan Pilkades serentak di Purbalingga ini. Terutama kepada Satplo PP dan Linmas serta panitia pelaksana,” kata Tiwi.

Tiwi berpesan kepada Kades terlantik untuk secepatnya melakukan langkah strategis guna memajukan Desa dan kesejahteraan masyarakatnya. Kades terlantik tersebut diminta cepat merumuskan pemecahan masalah yang ada di Desanya sehingga rencana kerja bisa segera diaplikasikan.

“Saya minta kepada para Kades untuk segera menyusun langkah strategis guna memajukan Desa dan kesejahteraan masyarakatnya,” imbuhnya.

Perencanaan langkah tersebut dituangkan dalam RPJMDes yang harus selaras dengan RPJMD Kabupaten sehingga program kerja akan selaras dengan pemerintahan yang lebih tinggi.

Dokumen RPJMDes tersebut menjadi dasar penyususnan rencana kerja pemerintah desa yang pembiayaanya dituangkan dalam APBDes.

“Segala bentuk perencanaan di tingkat Desa harus menyelaraskan dengan rencana program kerja Kabupaten agar kerja ke depannya lebih sejalan,” ujar Tiwi. (BNC/KP-4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.