Buku Kader Teknik Desa Diluncurkan

BanyumasNews.com – Sebuah buku panduan untuk kader teknis pembangunan desa diterbitkan SIP Publishing Purwokerto. Peluncuran buku dilakukan pada 27 Februari 2019 lalu, di Pendopo Graha Satria Purwokerto. Buku Kader Teknik Desa menjadi pegangan Kader Teknis Desa Adalah Kader agar mampu membantu kepala desa (Kades) untuk  menyusun rencana anggaran biaya (RAB) program pembangunan desa.

Seperti diketahui, kader teknis mempunyai peranan penting dalam membantu pelaksanaan program di desa. Sehingga, program bisa terlaksana dengan baik dan sesuai peraturan.

Tugasnya adalah membantu desa dalam perencanaan penentuan dan mendesain gambar prasarana, membantu perencanaan dengan menghitung kebutuhan anggaran dalam desain kegiatan agar efektif dan efisien, serta membantu desa dalam hal pengawasan kualitas kegiatan prasarana.

Buku Kader Teknik Desa ini terbit untuk memudahkan Kader Teknik Desa dalam perencanaan penentuan dan mendesain gambar prasarana, membantu perencanaan dengan menghitung kebutuhan anggaran dalam desain kegiatan agar efektif dan efisien dan membantu desa dalam hal pengawasan kualitas kegiatan prasarana.

Kader desa hadir dalam peluncuran buku Kader Teknik Desa

Buku ini ditulis oleh Mohammad Effendi, ST yang merupakan Tenaga Ahli Infrastruktur Desa Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Banyumas.

Penulis asal Banjarnegara ini mengatakan Buku Kader Teknik Desa mengalami banyak tantangan dan kendala dalam proses pembuatannya, karena butuh kerja keras dan kreativitas untuk menyederhanakan ilmu teknik sipil yang rumit menjadi mudah dipahami.

Sebagai Tenaga Ahli Infrastruktur Desa di P3MD, penulis mempunyai tugas untuk memfasilitasi kader teknis desa dalam membuat perencanaan desa di bidang infrastruktur.

“Banyak pedoman bahan bacaan untuk membuat perencanaan desa di bidang infrastruktur, tetapi masih relative rumit untuk dipelajari. Untuk mempermudah kader teknik desa dalam mempelajari hal tersebut disini penulis memiliki ide untuk membuat buku yang mudah untuk dipelajari kader teknik desa”, kata Effendi.

Buku Kader Teknik Desa diterbitkan oleh SIP Publishing yang merupakan salah satu penerbit buku yang berasal dari Banyumas. Indra Defandra, selaku owner penerbit mengatakan, buku ini prospeknya sangat bagus karena memberikan kemudahan bagi masyarakat desa yang ingin belajar tentang teknik infrastruktur desa.

“Dengan adanya dana desa saat ini desa sedang gencar dalam pembangunan terutama infrastruktur”, kata Indra.

Buku ini mendapat respon positif. Hal itu, menurut Indra, terbukti dalam waktu seminggu buku cetakan pertama sudah habis terjual. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.