Pusat Konseling Remaja Tekan Kenakalan Remaja

PIK R Bahagia Efektif Tekan Kenakalan Remaja

BanyumasNews.com  – Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) selama ini dikenal sebagai wadah bagi para siswa dalam memperoleh informasi dan berkegiatan tentang kesehatan reproduksi maupun penyiapan kehidupan berkeluarga. Serangkaian kegiatan telah diprogramkan untuk memfasilitasi aktivitas para siswa untuk menghindari mereka agar terbebas dari kenakalan remaja seperti tidak terjerumus napza, narkoba, pergaulan bebas dan lainya.

Manfaat dari keberadaan PIK R Bahagia di SMA Negeri 4 Purwokerto pun dirasakan begitu besar bagi tumbuh kembang remaja dan memudahkan guru dalam pembentukan karakter anak.

Hal itu diungkapkan oleh Dra Nining Indriatun Pembina PIK R Bahagia SMA Negeri 4 Purokwerto saat menerima kunjungan dari Dewan Guru SMK Telkom Purwokerto Rabu (27/2) di Sekretraiat PIK R Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto. Rombongan sekitar delapan Guru SMK Tekom dipimpin oleh Waka Kesiswaan Sri Mulani, S.Pd M.Pd.

Menurut Nining berbagai kegiatan PIK dalam lingkungan sekolah terbukti efektif dalam meminimalkan jumlah siswa yang bertindak negatif. Selain itu wadah ini juga mampu memotivasi siswa dalam menghadapi permasalahan-permasalahan sosial dengan bantuan pendidik dan konselor sebaya.

“Kami secara dini dapat mengantisipasi dengan pencegahan setiap ada indikasi anak-anak yang berperilaku menyimpang misal diawali dengan merokok, berpacaran yang berlebihan dan lainya. Dengan pendampingan dengan teman sabaya, siswa siswi kami dapat memilah mana perilaku yang boleh dilakukan. Kedepan harapan kami akan tercipta lulusan yang bermutu, berilmu serta, memiliki karakter tentunya akhlak yang mulia,“ jelas Nining.

Nining menambahkan bahwa PIK R nya sudah pernah menjadi Juara PIK R tingkat Nasional sehingga banyak sekolah yang berkunjung termasuk dari Gorontalo.

Waka Kesiswaan SMK Telkom Sri Mulani S Pd M.Pd mengaku sangat antusias melihat dan mempelajari Program PIK R di SMA Negeri 4 Purwokerto. Apa yang dilihat dengan konsultasi dengan guru pembimbing dan melihat langsung kegiatan membuatnya akan melaksanakan di sekolahnya.

“Harapan kami dengan melihat PIK R disini kami dapat menerapkan dan mebentuk PIK R di SMK Telkom Purwokerto agar anak-anak kami menjadi generasi yang berkarakter,” katanya.

Kegiatan PIK R

Sementara Ketua PIK Bahagia SMA Negeri 4 Purwokerto Dhuhita Noorlita Sari, mengatakan setelah PIK nya menjadi Juara Tingkat Nasional, organisasinya terus berkegiatan dalam rangka mewujudkan generasi sehat dengan berbagai kegiatan yang menunjang, seperti memperingati hari Aids, Hari Anti Narkoba dan lainya. Pihaknya juga melakukan kegiatan yang mengahasilkan uang seperti membuat Susu ”Genre” (generasi berencana) yang dijual untuk temanya dan usaha dana lainya.

“Kegiatan yang utama adalah pendidikan dan konseling sebaya. Setiap saat, kami menerima temen temen yang ingin curhat, baik di sekretariat atau tempat lain yang mereka inginkanagar mereka nyaman. Mulai dari permasalahan keluarga, belajar, percintaan dan lainya kami menerima curhatan temanya dan memberi saran agar mereka menentukan jalan terbaik bagi dirinya,” kata Dhuhita. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.