Sumpiuh dan Somagede Pertahankan Adibuana Bhakti

BanyumasNews.com – Kecamatan Sumpiuh berhasil mempertahankan penghargaan Adibuana Bhakti kategori Kecamatan Besar, sedangkan Somagede mempertahankan penghargaan yang sama untuk kategori Kecamatan Kecil. Kecamatan Jatilawang menjadi Juara 1 kategori kecamatan sedang yang menerima piala itu setelah tahun sebelumnya berada di posisi kedua.

Penghargaan secara keseluruhan diserahkan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein kepada 9 kecamatan di luar perkotaan Purwokerto, usai upacara Hari Jadi kabupaten Banyumas Ke-448 pada Jumat (22/2/2019) di Alun-alun Purwokerto

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan penghargaan Adibuana Bhakti diberikan Pemkab Banyumas kepada camat yang mempunyai komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat, lingkungan hidup yang lestari, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan menjadikan sampah menjadi sumber daya.

Menurutnya, gagasan untuk memberikan penghargaan Adibuana Bakti itu berasal dari Bupati Banyumas Achmad Husein yang muncul setelah kota Purwokerto meraih penghargaan Adipura pada tahun 2016.

“Penghargaan itu seperti penghargaan Adipura yang diberikan Pemerintah Pusat kepada kabupaten/kota yang memiliki komitmen dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Penghargaan Adibuana Bakti diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk tingkat kecamatan”, katanya.

Menurutnya, program Adibuana Bhakti bertujuan untuk mendorong kepemimpinan camat dalam membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha dalam mewujudkan kota-kota kecamatan yang berkelanjutan, baik secara ekologis, sosial dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Joko menambahkan bahwa penilaian penghargaan Adibuana Bhakti didasarkan pada pemantauan di beberapa titik yang ada di wilayah kecamatan.

“Titik pantau penilaian Adibuana Bhakti meliputi pemukiman, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan atau puskesmas, taman kota, sungai, bank sampah dan fasilitas pengelolaan sampah skala desa/kecamatan”, katanya.

Penghargaan Adibuana Bhakti yang berarti memelihara lingkungan dan alam tempat tinggal agar tetap lestari ini diikuti oleh kecamatan diluar perkotaan Purwokerto yang dikelompokkan dalam tiga kategori kecamatan yaitu kategori kecamatan kecil, kategori kecamatan sedang, serta kategori kecamatan besar.

Masing-masing pemenang penghargaan Adibuana Bhakti Kabupaten Banyumas tahun 2019 berhak mendapatkan piagam dan trophy. Penghargaan Adibuana Bhakti Kabupaten Banyumas tahun 2019 ini pada kategori kecamatan besar berhasil diraih oleh Kecamatan Sumpiuh sebagai juara 1, Kecamatan Cilongok sebagai juara 2 dan Kecamatan Sokaraja sebagai juara 3.

Pada kategori kecamatan sedang, juara 1 berhasil diraih oleh Kecamatan Jatilawang, juara 2 diraih oleh Kecamatan Baturraden dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Kembaran.

Sedangkan pada kategori kecamatan kecil, juara 1 berhasil diraih oleh Kecamatan Somagede, juara 2 diraih oleh Kecamatan Pkeuncen, dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Purwojati. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.