PMI Banyumas Bantu Korban Puting Beliung

PMI Banyumas bantu sembako untuk korban puting beliung desa Kemutuglor

BanyumasNews.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas menyalurkan bantuan sembako untuk korban angin puting beling di Desa Kemutuglor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Selasa (19/2/2019). Paket sembako diserahkan pengurus PMI Banyumas yang diwakili oleh Ketua PMI Baturraden Parsito bersama Kasi Pelayanan dan Relawan Sentot Sugiharto, Relawan Doni Fitri Firdaus dan ketua siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) Kemutuglor Rio Eko Cahyono.

Turut mendampingi Kepala Desa Kemutuglor Sarwono dan Kepala Dusun Darsito kepada Ny Tarsem, warga RT 02 RW 02 dan Tarwan warga RT 04 RW 03 Desa Kemutuglor.

Ketua PMI Baturraden Parsito mengatakan bantuan yang diserahkan itu merupakan salah satu belanja dari dana sumbangan masyarakat yang dihimpun melalui bulan dana PMI. Paket sembako yang diserahkan berupa beras 30 Kg, mie instan, sarden, susu, kecap, minyak goreng, gula pasir, kopi dan teh.

“Mereka yang mendapat bantuan, setelah Markas PMI menerima data yang diperoleh dari Relawan PMI ketika melakukan assesment kelapangan, jadi tidak semua korban mendapat bantuan, yang memenuhi kriteria saja,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pelayanan dan Relawan Markas PMI Banyumas Sentot Sugiharto mengatakan sepanjang tahun 2018 PMI Banyumas telah mendistribusikan paket sembako sebanyak 351 paket kepada warga yang mendapatkan bencana.

“Untuk tahun 2019 ini kita sudah nendistribusikan 32 paket sembako,” katanya.

Kepala Desa Kemutuglor Sarwono mengatakan hujan deras disertai angin menerpa desanya Senin (18/2/2019) sekitar pukul 14.15 WIB. Angin memporakporandakan beberapa rumah dan mengakibatkan pohon bertumbangan.

“Kejadian tersebut langsung kami respon, dengan medata kerusakan rumah dengan perangkat, Linmas dan Babinsa Koramil Baturraden, dengan mengidentifikasi ada 31 rumah atap yang terbuat dari seng dan asbek beterbangan, ada yang hilang maupun rusak dengan perkiraan kerugian material Rp.11.136.000,-“, kata Kades Sarwono.

Selain melakukan pendataan pihaknya juga melaporkan keberbagai instansi salah satunya ke PMI. Serta memberikan bantuan seng dengan belanja dari APBDes.

“Pagi tadi kami langsung belanja seng dan membagikan kepada masyarakat. Meski tidak bisa membantu seluruhnya mininmal kami selaku Pemerintah hadir disaat warga terkena musibah, serta berusaha meminta bantuan kepada pihak lain,” tambahnya. (BNC/prs)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.