Mantan Sprinter Purnomo Meninggal Dunia

Purnomo Muhammad Yudhi Meninggal Dunia

BanyumasNews.com –¬†Innalillahi wainna ilahi rajiun. Telah meninggal dunia mantan pelari tercepat (sprinter) Indonesia Purnomo Muhammad Yudhi pada hari ini Jumat (15/2/2019) pada pukul 09.00 WIB. Almarhum akan dikebumikan hari ini juga selepas Salat Ashar di pemakaman Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Purnomo merupakan mantan sprinter nasional asal Banyumas, tepatnya Ajibarang.

Pria kelahiran 12 Juli 1962 itu, malang melintang di dunia atletik dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.

Selain menjadi manusia tercepat di Asia menyusul pencapaian prestasinya berupa medali emas Kejuaraan Atletik Asia Jakarta 1985, anak petani ini lolos ke semifinal nomor lari 100 meter Olimpiade Los Angeles USA 1984.

Purnomo (433)

Ia menjadi satu-satunya wakil Benua Asia yang berhasil masuk semifinal 100 meter Olimpiade 1984. Catatan waktu yang ditorehkannya lebih baik dibanding Allan Wells, juara lari 100 meter Olimpiade Moskow. Purnomo juga pernah menjuarai Asia Terbuka di Taiwan tahun 1984, masuk semifinal 60 meter dan 200 meter Kejuaraan Dunia Atletik Gelanggang Tertutup di Paris tahun 1985.

Catatan waktu tercepatnya untuk 100 meter adalah 10,29 detik.

Dalam perempat final lomba lari pesta olahraga bangsa-bangsa di dunia itu, Purnomo di seri keempat babak perempat final bercokol di posisi ketiga. Posisi pertama diraih Ray Stewart (Jamaika) dan Allan Wells (Inggris) pemegang medali emas Olimpiade sebelumnya. Ini bukan hanya pencapaian bagi seorang pelari Purnomo. Namun, suami dari RAy Endang Irmastiwi dan ayah dari empat orang anak itu, menjadi sprinter Asia pertama yang tampil di semifinal Olimpiade.

Purnomo dan keluarga

Selamat jalan saudaraku, semoga amal baikmu mengantarkanmu di tempat yang terbaik disisi Nya. (BNC/ist/pars)

Dari berbagai Sumber, Foto Dokumen Pribadi Facebook Purnomo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.