Selamatkan Petani Hortikultura, ASN Borong Sayuran

Dinkominfo Purbalingga Borong Cabai dan Sayuran Petani

BanyumasNews.com – Sesuai SE Plt Bupati Purbalingga tentang Gerakan Selamatkan Petani Hortikultura Purbalingga, Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga memborong cabai merah keriting dan sayuran lainnya. Instruksi Bupati tertuang dalam Surat Edaran (SE) Plt Bupati Purbalingga, Nomor 500/0857 tanggal 30 Januari 2019 tentang Gerakan Selamatkan Petani Hortikultura Purbalingga.

“Kami sudah mengkoordinir teman-teman ASN Dinkominfo Purbalingga ini untuk memesan  baik cabai maupun sayuran lainnya melalui Dinas Pertanian Purbalingga,” kata Kepala Dinkominfo Purbalingga, Sridadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/2/2019).

Hal ini disesuaikan dengan Surat dari Dinas Pertanian Kabupupaten Purbalingga perihal Mekanisme  Pemesanan Cabai dan Hortikultura Lainnya tanggal 4 Februari 2019. Hal inilah yang mendasari pemesanan hasil pertanian dari ASN Dinkominfo Purbalingga kepada petani cabai dan sayur melalui Dinpertan Purbalingga.

“Untuk jumlah pemesanan, Dinkominfo Purbalingga memesan sesuai dengan jumlah ASN yang ada di Kabupaten Purbalingga yakni masing-masing ada 44 paket baik cabai keriting, terong, kentang, kol dan timun,” jelasnya.

Ia berharap dengan kepedulian ASN yang ikut serta membeli hasil pertanian ini setidaknya dapat membantu para petani agar tidak mengalami kerugian yang besar. Gerakan selamatkan petani cabai dan hortikultura ini pun nantinya dapat diikuti oleh seluruh ASN di Kabupaten Purbalingga.

“Semoga dengan gerakan seperti ini para petani cabai dan hortikultura lainnya harga cabai dan lainnya ini bisa dirasakan oleh petani,” harap Sridadi.

Sedangkan salah satu pegawai Dinpertan Kabupaten Purbalingga, Rr. Tri Handayani (Hani) mengatakan sudah ada beberapa OPD yang memesan cabai dan hortikultura lainnya. Beberapa OPD tersebut yakni Dinpertan, Dinkominfo, Dinkop UKM, Dinkes, Dinpermasdes, Dinhub, BKPPD dan Satpol PP.

“Selanjutnya ada Panti Nugroho, Kecamatan Kalimanah, Kelurahan Bancar, Puskesmas Kalimanah, Puskesmas Serayu Larangan, dan BPR BKK Purbalingga,” kata Hani.

Ia menjelaskan komoditas yang paling dominan dipesan oleh ASN di Purbalingga yakni kentang. Untuk komoditas kentang yang dipesan sampai saat ini sudah mencapai 7 kuintal sampai dengan saat ini.

“Untuk cabai keriting juga banyak dipesan sampai saat ini ada 2 kuintal cabai merah keriting yang dipesan, kemudian untuk cabai merah besar yang sudah dibeli ASN sampai saat ini ada 1,5 kuintal,” tambahnya.

Data pemesanan tersebut masih dapat bertambah dan komoditas yang dicari ASN pun beragam. Ia menerangkan masing-masing OPD memesan komoditas secara variatif tidak hanya satu atau dua komoditas saja.

“Untuk pemesanan ini tergantung OPD atupun ASN itu sendiri, pemesannannya ini sesuai dengan kebutuhan mereka,” pungkas Hani. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.