Penggalang MTSN 1 Banyumas Lakukan Lintas Alam di Baturraden

Penggalang MTSN 1 Banyumas Lakukan Lintas Alam di Baturraden

BanyumasNews.com – Usai mengikuti lomba jelajah galang (Jegal) yang digelar oleh MAN 1 Banyumas, penggalang Pangkalan MTs Negeri 1 Banyumas melakukan lintas alam ke tempat Wisata Baturraden Minggu (10/02/2019). Regu Rajawali Sendiko pada lomba jegal tersebut berhasil menjadi Juara III dan Regu Melati Sendiko berhasil menjadi Juara II.

Pembina Pramuka Ari Kuswanto mengatakan lintas alam merupakan perjalanan mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan untuk lebih mengenal Baturraden. Mengingat lokawisata Baturraden, merupakan destinasi andalan Banyumas dan Jawa Tengah bagian selatan. Tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam lereng gunung Slamet itu menjadi pilihan untuk kegiatan lintas alam.

“Kegiatan ini merupakan pengamalan dasa darma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang terhadap manusia,” katanya.

Perjalanan di sini adalah sebuah perjalan yang dianggap sebagai liburan dan evaluasi. Meski demikian mereka tetap melakukan pendidikan dan pelatihan Pramuka dengan materi Pengamalan dasa darma ke 2, Survival, Game dan Evaluasi Kegiatan. Mereka didampingi 7 pembina.

Menurut Ari ada beberapa manfaat mengikuti dan Tadabbur Alam itu yaitu menguatkan rasa solidaritas, mengukuhkan ukhuwah, memperbaiki kembali kerenggangan ukhuwah dan membangun kebersamaan/rasa peduli terhadap sesama.

Dalam kegiatan ini, kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti misalnya bagi yang melakukan perjalanan di hutan maka mereka lebih banyak berjalan kaki sehingga otot-otot yang selama ini tak berfungsi maksimal yang diakibatkan dalam perjalanan selalunya menggunakan kendaraan dapat maka dengan berjalan otot-otot yang tadinya dimanja bisa digerakkan.

“Lintas alam bukanlah sekedar hanya melakukan aktifitas jalan-jalan bersama dengan menikmati panorama alam baik di Baturraden, melainkan jauh daripada itu perjalanan dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada karena Allah SWT karena ciptaannya begitu indah,” terang Ari. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.