PKL di SDN 1 Purbilangga Kidul Ditertibkan

Satpol PP Tertibkan PKL di SDN 1 Purbilangga Kidul

BanyumasNews.com – Untuk menjaga keindahan dan ketertiban umum di sekitar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Purbalingga Kidul, tepatnya di sebalah selatan GOR Goentoer Darjono, Satpol PP Purbalingga mengadakan penertiban dan pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Kegiatan tersebut juga bertujaan agar arus lalu lintas dari arah jalan lingkar GOR tidak semrawut.

Kasi Penertiban Umum, Sutriono mengatakan penertiban PKL di sekitar SDN 1 Purbalingga Kidul  merupakan tindak lanjut surat dari Camat Purbalingga terkait akan dilaksanakan lomba sekolah tingkat propinsi Jawa Tengah. Adanya penertiban diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas, dan keindahan lingkungan selalu terjaga.

“Pemakaian jalan untuk berjualan merupakan pelanggaran Perda Nomor  9 tahun 2016 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Pada pasal 12 dinyatakan setiap orang atau badan dilarang berjualan atau berdagang , menimpan atau menimbun barang di ruang milik jalan (Rumija),”  katanya saat penertiban, Kamis (31/1/2019).

Sutriono mengatakan ada 25 PKL yang telah ditertibkan, yang kemudian juga dilakukan pembinaan agar tisak lagi berjualan. Untuk semantara para PKL bisa menempati tempat parkir GOR Goentoer Darjono sebelah selatan. Namun PKL harus menjaga ketertiban dan kebersihannya.

“Kami juga menghimbau kepada PKL dalam menjual jajan kepada anak sekolah agar memenuhi kecukupan gizi, bersih dan sehat, sehingga anak-anak tidak sakit. Makanan jajan jangan berlebih dalam memberikan saos dan penyedap makanan,” katanya.

Sutriono berharap dengan terjaganya ketertiban dilingkungan sekolah kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. PKL bisa melakukan aktivitasnya tanpa melanggar perda.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak sekolah agar para wali murid atau yang mengantar para siswa agar bisa memarkir kendaraannya di halaman sekolah, agar tidak berpotensi mengaggu lalu lintas di jalan,” katanya. (BNC’PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.